Yunita, Darma (2024) Motivasi guru dalam menanamkan sifat jujur pada siswa di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100090.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah para guru sudah menjalankan perannya dan bertanggung jawab untuk membimbing dan membina anak didiknya, baik secara individual atau disekolah maupun diluar sekolah dengan sangat baik akan tetapi masih banyak siswa di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Hajoran yang masih kurang dalam menanamkan sifat jujur pada dirinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi guru dalam menanamkan sifat jujur pada siswa, bentuk-bentuk sifat jujur yang ditanamkan guru pada siswa dan faktor penghambat guru dalam menanamkan sifat jujur pada siswa di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi guru dalam menanamkan sifat jujur pada siswa, untuk mengetahui bentuk-bentuk sifat jujur yang ditanamkan guru pada siswa dan untuk mengetahui faktor penghambat guru dalam menanamkan sifat jujur pada siswa di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis kualitatif dalam pengumpulan datanya melalui klasifikasi data, reduksi data, deskriptif data, dan menarik kesimpulan data. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Hasil penelitian ini adalah motivasi guru dalam menanamkan sifat jujur pada siswa dimulai dari bentuk motivasi instrinsik dan bentuk motivasi ekstrinsik. Sedangkan bentuk-bentuk sifat jujur yang ditanamkan guru pada siswa dilakukan dengan jujur dalam perkataan, jujur dalam niat dan kemauan, jujur dalam pendirian, jujur dalam kesetiaan pada rencana, jujur dalam perbuatan. Dan faktor penghambat dan solusinya guru dalam menanamkan sifat jujur pada siswa yaitu faktor diri sendiri, faktor keluarga, faktor di sekolah, dan faktor lingkungan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Muhammad Darwis Dasopang. M.Ag dan Dr. Mariam Nasution, M.Pd |
Keywords: | Motivasi; Guru; Sifat jujur |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 02:14 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 02:14 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10971 |
Actions (login required)
View Item |