Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh metode brainstorming terhadap motivasi belajar IPA siswa Kelas II SD Negeri 101203 Sipirok

Mayrosalina, Riri (2024) Pengaruh metode brainstorming terhadap motivasi belajar IPA siswa Kelas II SD Negeri 101203 Sipirok. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500173.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengaruh metode pembelajaran langsung yang selama ini diterapkan dan menjadikan peserta didik kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Metode pembelajaran juga salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Brainstorming adalah meciptakan sebuah lingkungan belajar yang bebas dan terbuka yang mendorong setiap orang untuk berprestasi atau bentuk pengembangan metode diskusi selain menyenangkan brainstorming juga dapat mengembangkan dalam memecahkan sebuah masalah dalam lingkungan positif dan bermanfaat. Motivasi belajar merupakan sebuah dorongan yang muncul secara sadar maupun tidak sadar dalam diri sendiri pada saat kegiatan belajar. Penilitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan data yang berbentuk angka atau data yang diangkakan, tujuan penelitian kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dapat diartikan sebagai metode percobaan dalam penelitian ini peneliti memakai dua kelas atau true experimental adalah penelitian yang dapat mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhi jalannya eksperimen. Bedasarkan hasil analisis data angket motivasi siswa diperoleh yaitu nilai tertinggi yaitu 67% dan nilai rata-rata angket motivasi belajar siswa terendah yaitu 72. Pada perhitungan uji-t diperoleh taraf yang signifikansi 0,05 maka diperoleh dengan rumus t-hitung sebesar 18,609 dan t-tabel sebesar 2,045.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Efida Mandasari Dalimunthe, M.Psi
Keywords: Metode brainstorming; Pembelajaran IPA; Motivasi siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Sep 2024 02:37
Last Modified: 26 Sep 2024 02:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10949

Actions (login required)

View Item View Item