Hasibuan, Ulfa Putri Syilfana (2024) Penerapan metode demonstrasi untuk peningkatan praktikum sholat siswa MIN 4 Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100163.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Rumusan masalah yang ada pada penelitian ini adalah bagaimana gambaran hasil belajar pada pra siklus, bagaimana gambaran hasil belajar pada siklus I, bagaimana gambaran hasil belajar pada siklus II, bagaimana perbandingan hasil belajar pada siklus I dan II. Latar belakang masalah dalam penelitian adalah pada praktikum sholat siswa guru fiqih hanya terfokus pada metode ceramah dan guru kurang mengoptimalkan media pembelajaran dan lebih sering menjelaskan dan mencatat tanpa adanya praktek sehingga menyebabkan pembalajaran kurang efektif dan efesien sehingga siswa kurang memahami bagaimana cara sholat yang baik dan benar. Motode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Siklus I terdiri dari Perencanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi dan siklus II terdiri dari Perencanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah kelas II MIN 4 Labuhanbatu yang berjumlah 29 siswa, siswa laki-laki berjumlah 11 orang dan siswa perempuan berjumlah 18 orang. Kriteria Ketuntasan Maksimal sekolah adalah 67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan praktikum sholat siswa MIN 4 Labuhanbatu pada pembelajaran fiqih peneliti mengetahui hasil belajar siswa pada pra siklus dari segi praktek mencapai 17%, dan pada siklus I meningkat menjadi 45%, dan pada siklus II meningkat menjadi 90%, dan dari segi tes soal hasil belajar siswa pra siklus yaitu 10%, pada siklus I meningkat menjadi 62%, dan pada siklus II meningkat menjadi 93%. Maka dari itu praktikum sholat siswa MIN 4 Labuhanbatu benar-benar memperoleh peningkatan dan mencapai Kriteria Ketuntasan Maksimal yang telah ditentukan yaitu 67%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. Drs. H. Syafnan, M.Pd dan Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd |
Keywords: | Penerapan metode demonstrasi; Peningkatan praktikum sholat; Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 04:39 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 04:39 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10947 |
Actions (login required)
View Item |