Harahap, Nurkholila (2023) Peran Orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar anak mereka Kelas III-A SD Negeri 100140 Padangsungsangan Kecamatan Batang Onang Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500111.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar anak mereka kelas III-A SDN 100140 Padangsungsangan? dan apa faktor penghambat yang dialami orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar anak mereka kelas III-A SDN 100140 Padangsungsangan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Peran orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar anak mereka dan untuk mengetahui apa saa faktor penghambat yang dialami orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar anak mereka. Penelitian ini adalah kurangnya minat anak dalam belajar di rumah. Dan faktor penghambat apa saja yang dialami orangtua dalam memotivasi belajar anak kelas III-A SDN 100140 Padangsungsangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar anak mereka dan apa saja faktor penghamat yang dialami orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar anak mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif model fenomenologi yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengamati fenomena disekitarnya dan menganalisisnya bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang Sebenarnya di lapangan secara murni apa adanya sesuai dengan konteks pendidikan. Instrument penelitiannya adalah Observasi dan Wawancara. Analisis data yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yang dilakukan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitan ini bahwa Peran orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar anak mereka kelas III-A SDN 100140 Padangsugsangan adalah: 1. Pemberian fasilitas terhadap kebutuuhan belajar anak 2. Pemberian hadiah apabila anak mendapatkan nilai yang bagus 3. Memberi contoh dalam penyeesaian tugas 4. Memberikan waktu belajar dan bermain 5. Memberi teguran apabila anak yang malas belajar 6. Mengantar dan menjemput anak ke sekolah 7. Menyiapkan bekal sekolah pada anak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. H. Syafnan Lubis, M.Pd dan Rahmadani Tanjung, M.Pd |
Keywords: | Peran Orangtua; Motivasi Belajar; Anak |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 02:04 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 02:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10926 |
Actions (login required)
View Item |