Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi metode outdoor learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di Kelas V SDN No. 100614 Pintu Padang Kecamatan Batang Angkola

Aini, Saripah (2024) Implementasi metode outdoor learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di Kelas V SDN No. 100614 Pintu Padang Kecamatan Batang Angkola. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas V SDN No. 100614 Pintu Padang yang kurang aktif dalam pembelajaran dan sulit memahami materi, disebabkan penyesuaian materi pembelajaran dengan metode pembelajaran yang digunakan kurang tepat sehingga aktivitas belajar terkesan begitu saja dan pembelajaran berjalan kurang aktif banyak siswa yang ribut dan mengantuk dan tidak memperhatikan penjelasan guru. Sehingga aktivitas belajar kurang optimal dan hasil belajar siswa pun rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Outdoor Learning di kelas V SDN No. 100614 Pintu Padang Kecamatan Batang Angkola. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kurt Lewin yang berisi tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Instrumen data yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V mengalami peningkatan. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 55% dan pada siklus II sebesar 79%. Jadi dari siklus I ke siklus II aktivitas belajar siswa meningkat sebanyak 24%. Kemudian hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 42% dan meningkat pada siklus II sebesar 83%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd
Keywords: Metode Outdoor Learning; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Pembelajaran IPA
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 23 Sep 2024 08:38
Last Modified: 24 Sep 2024 02:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10920

Actions (login required)

View Item View Item