Daulay, Heffi Susanti (2018) Pengaruh Strategi Learning Start With a Question terhadap kemandirian belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sei Kanan Langgapayung Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 202 00088.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kemandirian belajar siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran matematika, karena dalam proses pembelajaran siswa malu untuk bertanya, begitu juga saat guru memberikan pertanyaan, hanya beberapa siswa yang menjawab serta kemampuan dan rasa percaya diri siswa dalam belajar maupun mengerjakan soal-soal matematika masih sangat kurang memuaskan karena siswa yang tidak percaya pada kemampuan dirinya sendiri, sehingga siswa sering menyontek dan bertanya kepada temannya yang belum tentu jawabannya benar, sehingga antusias siswa dalam mengikuti pelajaran cukup minim sekali. Maka diperlukan strategi pembelajaran, yaitu strategi learning start with a question yang melatih siswa untuk mengemukakan pendapatnya dan bertanya, sehingga menciptakan kondisi belajar menjadi aktif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi learning start with a question terhadap kemandirian belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sei Kanan Langgapayung Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desainnya pretest–posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sei Kanan Langgapayung Kabupaten Labuhanbatu Selatan, yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa adalah 187 siswa. Penentuan sampel dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh kelas VII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII5 sebagai kelas kontrol. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data dengan menggunakan angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan rumus uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Adapun rata-rata posttest kelas eksprimen yaitu 42,58 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 38,26 dan hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung= 6,171 > ttabel = 2,000. Sedangkan untuk lembar observasi rata-rata kelas eksperimen sebesar 77,68 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 71,77, metode ini menunjukkan ada pengaruh signifikan penggunaan strategi learning start with a question terhadap kemandirian belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sei Kanan Langgapayung Kabupaten Labuhanbatu Selatan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi learning start with a question; Kemandirian belajar |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 29 Apr 2020 00:55 |
Last Modified: | 29 Apr 2020 01:03 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1091 |
Actions (login required)
View Item |