Lubis, Tati Efrida (2019) Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian membeli pasta gigi pepsodent (studi kasus konsumen pasta gigi pepsodent di lingkungan 1 Kelurahan dalam lidang Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 402 00136.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (8MB) |
Abstract
Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Masyarakat di Lingkungan 1 Kelurahan Dalan Lidang lebih banyak membeli pasta gigi Pepsodent dibandingkan pasta gigi lainnya. Oleh karena itu ada faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat menggunakan pasta gigi Pepsodent. Rumusan masalahpenelitian ini apakah ada pengaruh harga, promosi dan kualitas produk secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelianpasta gigi Pepsodent di Lingkungan 1 Kelurahan Dalan Lidang Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, promosi dan kualitas produk secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian pasta gigi Pepsodent di Lingkungan 1 Kelurahan Dalan Lidang Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Kegunaan penelitian ini adalah bagi peneliti, bagi PT. Unilever Tbk, bagi Mahasiswa dan Pembaca. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pemasaran. Sehingga pendekatan yang dilakukan adalah teori yang berkaitan dengan harga, promosi, kualitas produk dan keputusan pembelian. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 48 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi berganda, koefisien determinasi (R2), uji t dan uji F dengan menggunakan bantuan Soptware SPSS versi 23. Hasil penelitian didapat nilai r = 0,846 artinya terjadi korelasi yang kuat antara variabel harga, promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. NilaiAdjusted R2 sebesar 0,695 artinya variabel harga, promosi dan kualitas produk mampu menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 69,5%sedangkan sisanya sebesar 30,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Nilai thitung variabel harga (10,013) > ttabel (1,300) artinya ada pengaruh harga terhadap keputusan pembelian. Nilai thitung variabel promosi (1,334) > ttabel (1,300) artinya ada pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian. Nilai thitung variabel kualitas produk (-1,291) < ttabel (1,300) artinya tidak ada pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Nilai Fhitung (35,140) > Ftabel (2,21) maka artinya ada pengaruh harga, promosi dan kualitas produk secara simultan terhadap keputusan pembelian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | harga; promosi; kualitas produk; keputusan pembelian |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 28 Apr 2020 15:26 |
Last Modified: | 28 Apr 2020 15:26 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1090 |
Actions (login required)
View Item |