Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru dalam pembelajaran baca tulis al-Qur'an di SMPN 3 Kota Padangsidimpuan

Siregar, Juliani (2024) Strategi guru dalam pembelajaran baca tulis al-Qur'an di SMPN 3 Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100303.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Fenomena yang semakin meningkat di era globalisasi ini adalah kurangnya kecakapan baca tulis Al-Qur’an bagi pemuda-pemudi muslim di tengah-tengah masyarakat. Pada hakikatnya kecakapan baca tulis Al-Qur’an bukan sekedar membaca dan menulis sesuai aturan pembacaan dan penulisnya. Lebih dari itu kaum muslim di tuntut agar dapat memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Strategi pengajaran yang baik, akan memberikan dampak yang signifikan dalam kemampuan baca tulis Al-Qur’an. Guru berperan besar dalam memupuk kemampuan baca tulis Al-Qur’an, sehingga kemampuan seorang guru dalam memilih dan menerapkan startegi pembelajaran sangat dibutuhkan. Pembelajaran itu sendiri bukan hanya materi mengenai hal-hal yang berbau duniawi, tetapi salah satu materi pembelajaran yang tidak kala penting adalah pembelajaran baca tulis Al-Qur’an. Materi pembelajaran ini adalah bentuk upaya institusi pendidikan dalam mencerdaskan peserta didikinya dalam hal-hal yang bersifat spiritual. Al-Qur’an dan hadis merupakan pedoman setiap muslim dalam mengarungi kehidupan. Maka dari itu sangat penting seorang muslim mampu membaca dan menulis Al-Qur’an secara fasih sehingga mampu mengimplementasikan dalam mengurangi lautan kehidupan. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui proses dan strategi guru untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran baca tulis Al-Quran, yang dalam peneltian ini penelti meneliti SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif dan berlangsung terus menerus sampai tuntas sehingga datanya sudah jenuh dengan tahapan reduksi data, deskripsi data, dan terakhir kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah proses pembelajaran dan strategi guru dalam mengajarkan mata pelajaran baca tulis Al-Qur’an di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan tergolong baik. Berdasarkan hasil penelitian terdapat banyak faktor yang menjadi pengghambat kelancaran proses belajar mengajar siswa di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan yaitu: jam pelajaran baca tulis Al-Qur’an terjadwal pada waktu menjelang dzuhur, yangmana kondisi siswa sudah lemas, capek, jenuh dan bosan. Faktor selanjutnya adalah kurangnya dukungan orangtua siswa dalam ikut berkontribusi dan berpartisipasi untuk memfollow up kembali dirumah pembelajaran yang telah di peroleh siswa ketika dikelas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag dan Rayendriani Fahmei Lubis, M.Ag
Keywords: Strategi guru; Baca tulis Al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Sep 2024 09:07
Last Modified: 20 Sep 2024 09:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10895

Actions (login required)

View Item View Item