Harahap, Sri Wahyuni (2024) Meningkatkan kemampuan kognitif siswa melalui strategi problem posing di SMA Negeri 2 Kotapinang. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820200071.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif siswa pada materi logaritma .. Hal tersebut disebabkan kurangnya pengetahuan siswa terhadap pelajaran mengakibatkan ketidak mampuan dalam menyelesaikan soal tersebut, dengan demikian peneliti meyakini bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran problem posing dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana peningkatan kemampuan kognitif dengan strategi problem posing dan apakah terdapat peningkatan kemampuan kognitif dengan strategi problem posing pada materi logaritma di kelas X SMA N 2 Kotapinang. Sehingga yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan strategi problrm posing terhadap kemampuan kognitif siswa dan untuk mengetahui apakah melalui penggunaan strategi problem posing dapat meningkatkan kemampuan penalaran siswa pada materi logaritma di kelas X SMA N 2 Kotapinang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan menggunakan dua Siklus yaitu Siklus I dengan dua pertemuan dan Siklus II dengan satu pertemuan. Dalam hal ini peneliti berfungsi sebagai guru sekaligus observer. Instrumen yang digunakan yaitu observasi dan tes dalam bentuk essay tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Kotapinang yang terdiridari 32 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa meningkat. Hal ini dilihat dari nilai dan aktivitas siswa dimulai dari pretes dengan persentase ketuntasan siswas ebesar 19%(6 dari 32 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 59,37, Siklus I Pertemuan I, persentase ketuntasan siswa 44%(14 dari 32 siswa) dengan nilai rata-rata 60,93, Siklus I Pertemuan II, Persentase ketuntasan siswa 69%(22 dari 32 siswa) dengan nilai rata-rata 75 dan Siklus II Pertemuan I, persentase ketuntasan siswa 94%(30 dari 32 siswa) dengan nilai rata-rata 85,93. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan strategi problem posing dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa di kelas X SMA N 2 Kotapinang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd |
Keywords: | Problem posing; Kemampuan Kognitif; Logaritma |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 03:35 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 04:10 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10878 |
Actions (login required)
View Item |