Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Brutu, Jauhari Hans Abdullah (2024) Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820200063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini diawali dengan keresahan peneliti mengenai pemahaman pemecahan masalah siswa karena kurangnya beberapa aspek yang mana penggunaan model pembelajaran yang kurang inovatif dan siswa masih merasa bahwa matematika itu adalah pejalaran yang sulit dan hasil belajar siswa belum memuaskan karena siswa belum dapat menyelesaikan permasalahan atau soal – soal yang berbeda dari contoh yang diberikan guru. Oleh karena itu, peneliti menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbasis Etnomatematika yang mana Model pembelajaran ini menggunakan budaya yang ada disekitar peneliti yaitu Budaya Batak Mandailing mengetahui apakah terdapat pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan matematis siswa, Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen Kuantitatif dengan Subjek penelitian ini adalah 72 siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 di MTs Negeri Padangsidimpuan tahun ajaran 2023/2024. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen observasi dan data hasil belajar matematika dikumpulkan dengan menggunakan tes, yang mana test ini berbentuk essay dan terdiri dari 2 sikluk yaitu Pre - Test dan Post Test. Data dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS. Penelitian ini dikatakan berhasil jika ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan, nilai rata-rata hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari cukup aktif pada siklus I menjadi aktif pada siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa meningkat dari 54,50 pada pretest menjadi 69,42 pada Post Test. Jadi dikarenakan meningkatnya rata – rata hasil belajar matematika siswa bisa ditarik Kesimpulan, penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Anita Adinda, M.Pd dan Diyah Hoiriyah, M.Pd
Keywords: Problem Based Learning; Etnomatematika; Pemecahan Masalah; Hasil Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Sep 2024 03:21
Last Modified: 19 Sep 2024 03:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10876

Actions (login required)

View Item View Item