Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Metode marketing mix dan analisis SWOT dalam strategi bersaing pada koperasi pengolahan Salak Agrina di Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan

Lubis, Intan Yunita (2024) Metode marketing mix dan analisis SWOT dalam strategi bersaing pada koperasi pengolahan Salak Agrina di Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penjualan selama periode 3 tahun yakni pada tahun 2021 hingga tahun 2023, secara keseluruhan mengalami naik turun penjualan. Pengolahan salak agrina masih belum banyak diketahui oleh masyarakat terkait keberadaannya akan tetapi orang lebih banyak mengenal bolu yang lainnya. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode marketing mix, untuk mengetahui faktor penghambat dalam meningkatkan daya saing dan untuk mengetahui strategi koperasi Agrina dalam meningkatkan daya saing bisnis menggunakan analisis SWOT. Adapun jenis pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam ini peneliti melakukan observasi dan wawancara di usaha pengolahan salak Agrina. Adapun metode yang digunakan untuk kepentingan pengumpulan data dalam penelitian iniadalah pbservasi, wawancara, dan dokumentasi. Penjamin keabsahaan data di peroleh dari triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan strategi marketing mix dalam meningkatkan daya saing di Koperasi Agrina Desa Parsalakan Kecamatan Angkola Barat dilakukan Penerapan strategi marketing mix dalam meningkatkan daya saing bisnis di Koperasi Agrina menggunakan strategi marketing mix 4P diantaranya product, price, place dan promotion. Faktor penghambat dalam meningkatkan daya saing koperasi Agrina yaitu pada aspek lokasi, promosi serta banyaknya pesaing baru yang lebih modern dengan menawarkan harga yang lebih murah. Strategi koperasi Agrina dalam meningkatkan daya saing bisnis menggunakan analisis SWOT, yaitu dengan Strategi SO (strenght-opportunity) dengan mempertahankan rasa olahan salak yang enak dan meningkatkan produksi yang efektif untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Strategi ST (strenght-threat) yaitu mempertahankan rasa olahan salak yang enak, menetapkan dan mempertahan harga pasar yang bersaing dan mempertahankan bahan baku yang berkualitas untuk menghasilkan produk yang enak. Strategi WO (weakness-opportunity) yaitu meningkatkan promosi dengan memanfaatkan media sosial, dan Menambah mitra kerja. Strategi WT (weakness-threat) pada koperasi pengolahan salak agrina di Kecamatan Angkola Barat yaitu memberikan bahan baku yang benar-benar aman untuk dikonsumsi dan mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan atau konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M dan Adanan Murroh Nasution, M.A
Keywords: Metode; Marketing Mix; SWOT; Strategi Bersaing
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 18 Sep 2024 07:48
Last Modified: 18 Sep 2024 08:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10871

Actions (login required)

View Item View Item