Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pelaksanaan proses pembelajaran berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 di Sekolah Dasar Negeri 200106/9 Kota Padangsidimpuan

Tanjung, Mediatul Mulia (2024) Pelaksanaan proses pembelajaran berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 di Sekolah Dasar Negeri 200106/9 Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 103 tahun 2014 tentang pembelajaran pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah menjelaskan bahwa pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Rumusan masalah penelitian ini yaitu adalah bagaimana pelaksanaan dan proses pembelajaraan berdasarkan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 103 tahun 2014 tentang pembelajaran pada pendidikan dasar dan menengah dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 200106/9 Kota Padangsidimpuan? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif. Subjek penelitian yaitu siswa dan Guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penjaminan keabsahan data yaitu perpanjangan waku pnelitian, triangulasi, dan teman sejawat, dan eteknik pengolahan data dan analisis data menggunakan analisis deskrtiptif dengan menggambarkan suatu kejadian atau peristiwaa yang ditemukan dalam penelitian. Berdasarkan hasil peneliti yang dilakukan pelaksanaan dan proses pembelajaraan di Sekolah Dasar Negeri 200106/9 Kota Padangsidimpuan belum melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 103 tahun 2014 tentang pembelajaran pada pendidikan dasar dan menengah dalam pembelajaran di Sekolah Dasar, dalam hal ini, pelaksanaan pembelajaraan yang terjadi tidak sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran seharusnya dilaksanakan secara tepat, ideal, dan proposional. Sesuai dengan peraturan menteri pendidikan nomor 103 tahun 2014 telah mengatur tentang mekanisme pelaksanaan pembelajaran. Guru dapat melakukan implementasi Pelaksanaan dan proses pembelajaraan berdasarkan peraturan yang ada, sehingga dapat membuat guru lebih memiliki acuan dalam proses pembelajan, serta pembelajaran lebih efektif dan terarah. Dengan demikian dalam proses pembelajaran sebagai pendidik harus mampu melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 103 tahun 2014 tentang pembelajaran pada pendidikan dasar dan menengah dalam pembelajaran di Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I
Keywords: Pelaksanaan; Proses pembelajaran; Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 18 Sep 2024 07:42
Last Modified: 18 Sep 2024 07:42
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10868

Actions (login required)

View Item View Item