Harahap, Fitriani (2024) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika topik peluang berdasarkan kriteria watson di Kelas VIII SMP Negeri 7 Sipirok. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820200042.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi peneliti yang menunjukkan adanya kesulitan siswa dalam mengerjakan soal Peluang di SMP Ngeri 7 Sipirok. Ketika soal hanya memasukkan angka ke dalam rumus sebagian besar siswa mampu mengerjakannya. Namun, ketika soal itu telah diubah dalam bentuk soal cerita siswa masih sulit untuk memahami dan menelaah soal tersebut. Tujuan utama penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis kesalahan dan faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi peluang berdasarkan Kriteria Watson. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 7 Sipirok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Sipirok tahun ajaran 2022/2023. Jumlah siswa kelas VIII tersebut sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara, serta instrumen yang digunakan divalidasi terlebih dahulu oleh satu orang ahli. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif deskriptif dimulai dari reduksi data (data reduction), paparan data (data display) serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verifying). Uji keabsahan data menggunakan Triangulasi teknik. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa masih mengalami 7 jenis kesalahan dari 8 kriteria kesalahan menurut Watson ketika menyelesaikan soal cerita matematika pada topik peluang diantaranya prosedur tidak tepat, data tidak tepat (inapproproate data ) 20%, prosedur tidak tepat (inappropriate procedure) 44%, data hilang (omitted data) 12%, kesimpulan hilang (omitted conclusion) 16%, konflik level respon (response level conflict) 16%, masalah hierarki keterampilan (skills hierarchy Problem) 52 %, selain ke tujuhnya (above other) 48%. Jenis kesalahan yang paling dominan atau sering dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika topik peluang yaitu masalah hierarki keterampilan dan lainnya. Sedangkan jenis kesalahan yang jarang dilakukan oleh siswa data hilang, kesimpulan hilang dan konflik level respon.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nur Fauziah Siregar, M.Pd dan Rahma Hayati Siregar, M.Pd |
Keywords: | Analisis kesalahan; Kriteria Watson; Peluang |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 02:19 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 04:09 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10863 |
Actions (login required)
View Item |