Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan lintasan belajar pokok bahasan perbandingan dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik kelas VII di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan

Nasution, Maisyahani (2019) Pengembangan lintasan belajar pokok bahasan perbandingan dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik kelas VII di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 202 00009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekurang pahaman siswa terhadap konsep-konsep perbandingan, baik itu perbandingan senilai dan berbalik nilai. Selain itu, guru belum memberikan aktivitas yang dapat mendukung siswa dalam memahami konsep perbandingan. Sehingga perlu dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan memanfaatkan aktivitas pembelajaran berupa lintasan belajar yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana validitas dan praktikalitas lintasan belajar melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pokok bahasan Perbandingan di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui validitas dan praktikalitas lintasan belajar melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pokok bahasan Perbandingan di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian design research tipe validation study yang bertujuan mengembangkan local instruction theory (LIT) dengan kerja sama antara peneliti dengan tenaga pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan dengan subjek ujicoba produk di kelas VII-3, berjumlah 18 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, angket, lembar observasi serta menggunakan teknik analisis validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar melalui pendekatan pendidikan matematika realistik dikatakan valid dan praktis. Kevalidan lintasan belajar ditunjukkan dengan nilai 82 dari analisis 2 validator. Kepraktisan lintasan belajar ditunjukkan dengan nilai 82 dari angket respon siswa, terlaksananya seluruh komponen. Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada proses pembelajaran dan tertariknya siswa dalam mempelajari materi perbandingan melalui beberapa media. Lintasan belajar yang dihasilkan pada penelitian ini berupa aktivitas-aktivitas yang dilakukan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran, dimana tujuan pembelajarannya yaitu untuk memahami konsep perbandingan (rasio), perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Lintasan belajar; Pendekatan pendidikan matematika realistic; Aritmatika sosial
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 29 Apr 2020 02:30
Last Modified: 29 Apr 2020 02:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1086

Actions (login required)

View Item View Item