Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan pembelajaran pendidikan Agama Islam dengan kecerdasan emosional siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Siabu Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal

Majid, Abdul (2024) Hubungan pembelajaran pendidikan Agama Islam dengan kecerdasan emosional siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Siabu Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100341.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah dimana pada fenomena pada zaman sekarang kita sering mendengar atau melihat dari beberapa media bahwa peserta didik terjerumus kepada emosi yang negatif, mereka melakukan sesuatu yang tidak wajar atau mesti dilakukan oleh peserta didik, mereka melakukan seperti bullying, pengggunaan narkoba, tawuran, mencuri, pelecehan seksual, membolos sekolah dan sebagainya. Mereka tahu perbuatan seperti itu tidak baik untuk dilakukan tapi karena mereka tidak memiliki emosi yang baik sehingga mereka melakukannya saja perbuatan tersebut dan memimikirkan untung dan ruginya terhadap diri sendiri dan lngkungan sekitarnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ex-post facto. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 orang. Pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Untuk memperoleh data penelitian ini adalah menggunakan tes dan instrumen angket dengan skala likert. Sedangkan untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis product moment, dterminasi dan regresi linear sederhana uji t. Berdasarkan analisis perhitungan koefisien antara variabel X dan variabel Y tergolong sedang dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,711 artinya ada hubungan yang positif antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 siabu. Berdasarkan skor perolehan tersebut dapat diketahui bahwa setiap pembelajaran pendidikan agama islam (variabel X) mengakibatkan kenaikan tingkat kecerdasan emosional siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Siabu (variabel Y) sebesar 0,711. Dengan kata lain skor variabel Y dapat diprediksikan oleh skor variabel X berdasarkan persamaan regresi linier sederhana Y = 31,784 + 0,644 X. Untuk menguji hipotesis pada penelitian ini digunakan rumus uji t. harga uji t tersebut diuji dengan taraf signifikan 5% kemudian nilai thitung akan dibandingkan dengan ttabel dengan kriteria uji jika thitung >ttabel maka Ha diterima, dan jika thitung <ttabel maka Ha ditolak. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung = 6,228, dan diperoleh nilai ttabel =2,024. Berdasarkan nilai perhitungan tersebut bahwa nilai thitung >ttabel artinya Ha diterima, ada Hubungan yang kuat( erat) antara pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap kecerdasan emosional siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Siabu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rayendriani Fahmei Lubis, M.Ag dan Liah Rosdiani Nasution, M.A
Keywords: Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Kecerdasan Emosional
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 17 Sep 2024 08:03
Last Modified: 17 Sep 2024 08:13
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10857

Actions (login required)

View Item View Item