Julfa, Putri Ramadhani (2024) Faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing usaha tahu H. Basri di Kecamatan Batang Toru. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1940200236.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Daya saing merupakan kemampuan suatu komoditi untuk memasuki pasar dan kemampuan untuk dapat bertahan didalam pasar tersebut, dalam artian jika suatu produk mempunyai daya saing maka produk tersebut yang akan diminati konsumen. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di Usaha tahu H. Basri didapati beberapa masalah diantaranya harga yang masih sama dan belum juga memberikan diskon bagi pembeli yang membeli cukup banyak produk, lokasi cukup strategis namun karena banyaknya usaha tahu membuat para konsumen memilih untuk membeli tahu yang dekat menurut pembeli, kualitas produk, kualitas pelayanan yang dimana apabila ada pembeli yang datang maka yang melayanai pembeli adalah pemilik usahanya langsung tanpa adanya campur tangan karyawan sehingga terkadang pembeli harus menunggu pemilik usaha untuk melayani pembeli. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dengan membagikan kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 52 responden sedangkan tektik pengambilan sampel mnggunakan probability sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji vadilitas, uji reliabilitas, uji linearitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresilinear berganda, uji koefisien determinasi (R^2), uji parsial (uji t), uji simultan (uji F). Berdasarkan hasil yang dilakukan peneliti menggunakan SPSS versi 23 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh harga terhadap daya saing usaha tahu H. Basri di Kecamatan Batang Toru, terdapat pengaruh lokasi terhadap usaha tahu H. Basri di Kecamatan Batang Toru, terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap usaha tahu H. Basri di Kecamatan Batang Toru, tidak terdapat pengaruh kualitas produki terhadap usaha tahu H. Basri di Kecamatan Batang Toru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nofinawati, S.E.I., M.A dan Sarmiana Batubara, M.A |
Keywords: | Daya saing; Harga; Lokasi; Kualitas pelayanan; Kualitas produk |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 02:47 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 02:47 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10832 |
Actions (login required)
View Item |