Astuti, Diana (2019) Pengaruh metode pembelajaran somatic auditory visual intelectual (savi) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan di kelas VII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 202 00132.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa rendah, karena proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah itu masih belum maksimal dan belum bisa menciptakan suasana belajar yang aktif. Hal ini dikarenakan pembelajaran matematika selama ini masih cenderung menggunakan metode konvensional yang menempatkan guru sebagai pusat pembelajaran sedangkan murid sebagai pendengar yang pasif. Oleh karena itu perlu merubah model pembelajaran yang selama ini diterapkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelectual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Terdapat Pengaruh Yang Signifikan Metode PembelajaranSomatic Auditory Visual Intelectual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan metode pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelectual terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 7Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian Non Randomized Control Group Pre Test Post Test Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan tahun ajaran 2018-2019 yang terdiri dari 6 kelas sebanyak 144 siswa, sedangkan sampel terdiri dari 2 kelas sebanyak 50 siswa, 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes bentuk essay, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan dan uji-t. Hasil uji persyaratan analisis data diproleh dikelas sampel berdistribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebesar 87% yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 83,02 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 71,22. Pengujian uji-t diproleh Karena (5,8 2,008) maka terdapat pengaruh signifikan penggunaan metode pembelajaran somatic auditory visual intellectual terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan di kelas VII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode pembelajaran; Somatic auditory visual intelectual; Hasil belajar matematika |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 29 Apr 2020 03:04 |
Last Modified: | 29 Apr 2020 03:04 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1082 |
Actions (login required)
View Item |