Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan antara hafalan al-Qur’an dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis di MTs Darul Ikhlas Dalan Lidang Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal

Nasution, Anni Kholilah (2024) Hubungan antara hafalan al-Qur’an dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis di MTs Darul Ikhlas Dalan Lidang Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100064.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Menghafal Al-Qur’an merupakan tugas dan tanggung jawab yang sangat besar dan mulia, setiap orang pasti bisa menghafal tetapi tidak semua orang bisa menghafal dengan baik. Berdasarkan studi pendahuluan, pada kenyataannya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadis di Mts Darul Ikhlas kelas VIII dikatakan sangat kuat. Hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala seperti, ada sebagian siswa yang hafalan Al-Qur’annya cukup baik, namun prestasi belajar Al-Qur’an hadis tidak baik, ada sebagian peserta didik yang sulit dalam memahami pelajaran Al-Qur’an hadis yang disampaikan guru, ada sebagian peserta didik yang kurang berminat dalam pembelajaran Al-Qur’an hadis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara hafalan Al-Qur’an dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadis kelas VIII-A di Mts Darul Ikhlas Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan subjek penelitian siswa Mts Darul Ikhlas, sedangkan objeknya adalah hubungan antara hafalan Al-Qur’an dengan prestasi belajar Al-Qur’an hadis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan product moment person. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa terdapat ada hubungan antara hafalan Al-Qur’an dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadis. Hasil penelitian ini diperoleh dari rhitung lebih besar dari pada rtabel baik pada signifikansi 5% maupun 1%. Dengan demikian Hipotesa Nol (Ho) ditolak, sedangkan Hipotesa Alternatif (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lazuardi, M.Ag dan Fitri Rayani Siregar, M.Hum
Keywords: Hubungan; Hafalan Al-Qur’an; Prestasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Sep 2024 02:56
Last Modified: 04 Sep 2024 03:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10809

Actions (login required)

View Item View Item