Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran fiqih di MTsS Jabalul Madaniyah Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan

Harahap, Resmi Amlina (2024) Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran fiqih di MTsS Jabalul Madaniyah Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100101.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan sarana dan prasarana media audio visual di MTsS Jabalul Madaniyah Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan sudah tersedia serta dapat dimanfaatkan sebagai media tambahan untuk mempermudah proses pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran Fiqih, namun dilakukan pada materi dan waktu tertentu yang harus disesuaikan terlebih dahulu antara materi dengan pemilihan media yang tepat. Penggunaan media audio visual harus dilakukan sesuai dengan tahapan yang ada, agar saat menggunakan media audio visual dalam pembelajaran tidak ada hal yang menjadi penghambat berlangsungnya pembelajaran dengan maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual di MTsS Jabalul Madaniyah Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Fiqih di MTsS Jabalul Madaniyah Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan mengamati fenomena disekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Berdasarkan metodenya, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni penelitian ini dimaksudkan untuk mengeksplorasi atau mengklarifikasi suatu gejala, fenomena atau kenyataan sosial yang ada. Analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual sudah dilakukan sesuai dengan tahapan yang ada, yakni penggunaan media audio visual pada tahap penyiapan materi serta pemilihan media yang sesuai, selanjutnya pada tahap memperhatikan durasi yang akan digunakan pada penggunaan media audio visual, serta pada tahap mempersiapkan kelas, dan tahap aktivitas lanjutan. Penggunaan media audio visual yang telah dilakukan oleh pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran Fiqih sangat membantu dan mempermudah peserta didik untuk lebih memahami materi yang disampaikan, serta dapat memotivasi dan membangkitkan semangat peserta didik agar lebih giat serta lebih aktif dalam melakukan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A dan Nursyaidah, M.Pd
Keywords: Penggunaan; Media audio visual; Pembelajaran fiqih
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Sep 2024 03:10
Last Modified: 04 Sep 2024 03:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10806

Actions (login required)

View Item View Item