Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan kualitas pelayanan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pada bunga photo studio Padangsidimpuan

Hasibuan, Imelda Junita (2018) Penerapan kualitas pelayanan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pada bunga photo studio Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 402 00105.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Kebutuhan masyarakat akan jasa semakin signifikan khususnya jasa fotografi dimana masyarakat tidak terlepas dari yang namanya teknologi. Bunga Photo Studio merupakan salah satu bisnis dibidang jasa yang menawarkan produk yaitu foto dan jasa yaitu pemotretan. Kurangnya penerapan kualitas pelayanan pada Bunga Photo Studio mengakibatkan ketidakpuasan pelanggan. Padahal kepuasan pelanggan adalah kunci untuk mempertahankan pelanggan. Hal inilah yang mendasari peneliti melakukan peninjauan lebih dalam tentang kualitas pelayanan dan apa saja kendala dalam penerapan kualitas pelayanan pada Bunga Photo Studio Padangsidimpuan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan pada Bunga Photo Studio dan apa saja kendala dalam penerapan kualitas pelayanan tersebut. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan teori tentang kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan yang menggunakan model SERVQUAL yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian kualitatif, yang menjadi instrument atau alat penelitian adalah peneliti itu sendiri. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi dan data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait dan internet. Dari hasil penelitian tentang penerapan kualitas pelayanan pada Bunga Photo Studio Padangsidimpuan telah menerapkan lima dimensi kualitas pelayanan yang meliputi tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy telah diterapkan dengan baik. kelima dimensi yang diterapkan telah memberikan kepuasan kepada pelanggan, walaupun masih ada sedikit kekurangan dari segi tangible meliputi tampilan gedung, papan merek dan background yang digunakan dalam pemotretan. Adapun kendala yang dihadapi yaitu kurangnya tenaga kerja yang kualifaid dibidang fotografi dan pimpinan yang tidak memberikan perhatian sepenuhnya terhadap kegiatan di Bunga Photo Studio

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: kepuasan pelanggan; kualitas pelayanan (tangible; reliability; responsiveness; assurance dan empathy)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 28 Apr 2020 15:07
Last Modified: 04 May 2020 06:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1080

Actions (login required)

View Item View Item