Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada sistem persamaan linear dua variabel melalui strategi pembelajaran ekspositori di kelas VIII MTs.S Syahbuddin Mustafa Nauli Kabupaten Padang Lawas Utara

Simangunsong, Iramayanti (2019) Peningkatan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada sistem persamaan linear dua variabel melalui strategi pembelajaran ekspositori di kelas VIII MTs.S Syahbuddin Mustafa Nauli Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00141.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang diajarkan di sekolah ternyata tergolong dalam kategori ilmu yang sangat sulit untuk dipahami, hal ini disebabkan didalam pembelajaran Matematika banyak terdapat materi yang berbentuk abstrrak, sehingga banyak yang tidak bisa memahami materi dan berkesan kurang semangat dalam belajar sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Salah satu penyebabnya yaitu cara mengajar guru yang monoton menggunakan model pembelajaran yang tidak berubah-ubah, sehingga membuat siswa bosan dan menghambat pembelajaran sehingga pembelajaran tidak mencapai tujuan yang telah dirancang. Peneliti ini bertujuan meningkatkan Pemahaman matematis siswa khususnya pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori di kelas VIII MTs.S Syahbuddin Mustafa Nauli. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Peneltian Tindakan Kelas) dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Satu siklus terjadi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasi), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah kelas VIII MTs.S Syahbuddin Mustafa Nauli terdiri dari 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori mampu meningkatkan pemahaman matematis siswa di kelas VIII MTs.S Syahbuddin Mustafa Nauli. Pada setiap siklus peningkatan pemahaman matematis siswa terjadi keseluruhan, sehingga diperoleh hasil peningkatan pemahaman matematis siswa dari siklus I pertemuan I dari 58,9% menjadi 66,09% siklus I pertemuan II dan pada siklus II pertemuan I dari 75,46% menjadi 85,78% siklus II pertemuan II

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan pemahaman matematis; Soal cerita; SPLDV; Strategi pembelajaran ekspositori
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 29 Apr 2020 03:55
Last Modified: 29 Apr 2020 03:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1079

Actions (login required)

View Item View Item