Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh lingkungan keluarga yang religius terhadap motivasi belajar Kelas V di SD Muhammadiyah 2 Padangsidimpuan

Hutagalung, Aprilia (2024) Pengaruh lingkungan keluarga yang religius terhadap motivasi belajar Kelas V di SD Muhammadiyah 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah lingkungan keluarga yang religius terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SD muhamadiyah 2 Padangsidimpuan. Lingkungan keluarga yang religius akan memiliki ketentraman dalam rumah, sehingga motivasi belajar siswa akan lebih meningkat dibandingkan dengan siswa yang mempunyai lingkungan keluarga yang kurang religius. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh lingkungan keluarga yang religius terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SD Muahamadiyah 2 Padangsidimpuan. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berpengaruh atau tidaknya antara lingkungan keluarga yang religius terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SD Muahammadiyah 2 Padangsidimpuan. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan data kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Muahammadiyah 2 Padangsidimpuan yang berjumlah 50 siswa dan teknik sampling yang digunakan peneliti adalah sampling jenuh dimana sampel berasal dari 100% populasi yang berjumlah 50. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan keluaraga yang religius siswa kelas V di SD Muahamadiyah 2 Padangsidimpuan dapat dikatakan baik dengan skor sebesar 81% sedangkan motivasi belajar siswa kelas V dapat dikatakan baik dengan skor 71,53%. Dari hasil penelitian ini menjelaskan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga yang religius dengan motivasi belajar siswa, yang ditemukan dengan uji t bahwa thitung sebesar 5,045 > ttabel sebesar 1,674 dengan n=50 dan Signifikansi 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga yang religius dengan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A dan Lili Nur Indah Sari, S.Pd.I., M.Pd
Keywords: Keluarga; Religius; Motivasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Aug 2024 03:46
Last Modified: 29 Aug 2024 03:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10787

Actions (login required)

View Item View Item