Situmeang, Aidil (2024) Problematika baca tulis al-Qur’an di Madrasah Tsanawiah al-Washliyah Sorkam Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1720100084.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyh Sorkam Kabupaten Tapanuli Tengah adalah ada beberapa siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an den tidak bisa membedakan makhroj, membedakan bacaan yang panjang dan bacaan yang pendek (harkat). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa problematika pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dan upaya guru dan siswa dalam mencapai keberhasilan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Wasliyah Sorkam Kabupaten Tapanuli Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskrptif, dengan metode pengumpulan data menggunakan metode obsevasi di Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyh Sorkam Kabupaten Tapanuli Tengah, wawancara secara langsung dengan kepala sekolah, guru baca tulis Al-Qurán dan siswa. Dalam penelitian ini didokumentasikan serta literatur pendukung yang relevan terhadap masalah yang dideskripsikan. Penelitian menyimpulkan bahwa Problematika Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyh Sorkam Kabupaten Tapanuli Tengah dapat dilihat dari sisi peserta didik dan jam pelajaran pelaksanaannya. Dari peseta didik problemnya yaitu kurangnya minat belajar Al-Qur’an, siswa kurang, siswa kurang, siswa kurang semangat dalam belajar Al-Qurán, kurangnya motivasi, siswa yang belajar Al-Qurán bukan atas keinginan sendiri melainkan karena perintah orang tua. Dari sisi jam pelajarannya yaitu watu yang diberikan hanya 2 jam dala 1 minggu. Namun guru telah menambahkan jam khusus setelah pulang sekolah kepada siswa yang belum bisa membaca Al-Qurán dan juga guru baca tulis Al-Qurán telah membukan pengajian malam dirumahnya untuk anak yang belum bisa membaca Al-Qurán. Dan tak lupa guru sering memotivasi siswa supaya siswa itu berminat mempelajari Al-Qurán.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | H. Nurfin Sihotang, M.A., Ph.D dan H. Ismail Baharuddin, M.A |
Keywords: | Problematika; Baca Tulis Al-Qur’an |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 02:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 03:09 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10782 |
Actions (login required)
View Item |