Harahap, Sakti Godang Rahman (2023) Problematika pembelajaran matematika (study khusus di SDN No 100713 Sianggunan Kecamatan Batang Toru). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1720200043.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang permasalahan dalam penilitian ini diperoleh berdasarakan permasalahan kemampuan matematika yang dialami oleh peserta didik , dimana peserta didik kesulitan dalam penalaran pembelajaran matematika, ditambah lagi kemampuan peserta didik yang kurang memadai seperti dalam pemecahan masalah yang diberikan oleh guru dalam berbentuk soal matematika. Maka peserta didik kurang dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan mendapatkan kesulitan dalam proses pembelajaran berlangangsung. Maka dari itu diharapkan guru memiliki Strategi atau upaya dalam mengatasi kesulitan proses pembelajaran matematika,Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana problematika pembelajaran matematika matematika ditinjau dari siswa kelas IV SDN 100713 Sianggunan, Bagaimana problematika pembelajaran matematika ditinjau dari guru kelas, sarana pra sarana dan strategi guru dalam mengatasi permasalahan di kelas IV SDN 100713 Sianggunan. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah diatas, Metode ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara dan Dokumentasi. Dengan Menggunakan metode analisis yang ditemukan dilapanagan, Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Proses pembelajaran Matematika di kelas IV SDN 100713 Sianggunan masih belum berjalan dengan baik, Problematika yang terjadi pembelajaran Matematika di kelas IV SDN 100713 Sianggunan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru, motivasi belajar siswa rendah, dan malas untuk mengerjakan tugas rumah secara rutin. Problem yang terjadi pada guru yaitu kurangnya kompetensi dalam menguasai kelas dan kurangnya kompetensi dalam menguasai materi pembelajaran, Upaya yang dilakukan adalah menciptakan suasana belajar yang kondusif, membuat catatan harian siswa yang berisi laporan kegiatan tugas rumah serta pihak sekolah mengadakan pembinaan dan mengikut sertakan guru-guru khususnya guru Matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Dr. Almira Amir, S.T., M.Si |
Keywords: | Problematika; Pembelajaran;; Matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 02:52 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 08:03 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10769 |
Actions (login required)
View Item |