Ariyani, Indah (2024) Pengembangan modul berbasis discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi barisan dan deret aritmatika di Kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Timur. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1720200039.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya media pembelajaran yang memadai, disekolah tersebut hanya menggunakan buku paket dalam kegiatan belajar. Buku paket yang digunakan memiliki beberapa kelemahan seperti kurang jelasmya penyajian petunjuk kerja, bahasa yang digunakan sulit untuk dipahami serta kurangnya contoh nyata mengenai matematika dikehidupan sehari-hari.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Angkola Timur. Objek dalam penelitian ini adalah modul berbasis discovery learning. Instrument pengumpulan data berupa angket dan tes. Berdasarkan uji validitas modul berbasis discovery learning dinyatakan valid dengan rata-rata total kevalidan 4,03. Berdasarkan uji praktikalitas modul berbasis discovery learning dinyatakan sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 92,29%. Berdasarkan hasil tes belajar matematika siswa dengan persentase 71% yang termasuk pada kategori cukup efektif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Almira Amir, M.Si dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd |
Keywords: | Modul Discovery Learning; Hasil Belajar; Deret Aritmatika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 02:44 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 08:00 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10768 |
Actions (login required)
View Item |