Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi kubus dan balok siswa Kelas VIII di SMPN 1 Panyabungan

Nasution, Nur Atikah (2024) Penerapan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi kubus dan balok siswa Kelas VIII di SMPN 1 Panyabungan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Pada penelitian ini, masalah yang dikemukakan adalah kemampuan berpikir kritis matematika siswa masih rendah khususnya pada materi kubus dan balok. Dalam hal ini, pembelajaran siswa hanya menerima begitu saja pelajaran yang diberikan guru, ketika mereka dihadapkan dalam menyelesaikan soal-soal matematika, kebanyakan mereka akan mengeluh dan mudah putus asa, kalaupun ada hanya beberapa orang saja yang mengerjakan soal-soal matematika tersebut dan bertanya jika kurang mengerti. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi kubus dan balok. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklusnya terdapat dua kali pertemuan, dan setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII-1 SMPN 1 Panyabungan yang terdiri dari 20 siswa dengan 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar tes, dan lembar observasi. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi kubus dan balok siswa kelas VIII-1 di SMPN 1 Panyabungan. Seperti data yang diperoleh bahwa pada tes awal persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 6,25% (1 dari 16 siswa), siklus I pertemuan 1 persentase ketuntasan berpikir kritis secara klasikal sebesar 25% (5 dari 20 siswa). Pada siklus I pertemuan 2 persentase ketuntasan berpikir kritis secara klasikal sebesar 35% (7 dari 20 siswa). Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 persentase ketuntasan berpikir kritis secara klasikal sebesar 50% (10 dari 20 siswa) dan siklus II pertemuan 2 persentase ketuntasan berpikir kritis secara klasikal sebesar 85% (17 dari 20 siswa). Dari siklus II data yang diperoleh sudah mencapai nilai yang diharapkan dan telah mencapai 85% siswa yang tuntas berpikir kritis, maka penelitian ini telah dapat dihentikan dengan nilai yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Dr. Anita Adinda, M.Pd
Keywords: Pendekatan kontekstual; Kemampuan berpikir kritis; Kubus dan balok
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 23 Aug 2024 09:22
Last Modified: 23 Aug 2024 09:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10759

Actions (login required)

View Item View Item