Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Komunikasi verbal dalam al-Qur’an dan relevansinya dengan pendidikan anak dalam keluarga

Siregar, Siti Fatimah (2024) Komunikasi verbal dalam al-Qur’an dan relevansinya dengan pendidikan anak dalam keluarga. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2050100028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Secara sosial komunikasi verbal berperan signifikan dalam menciptakan hubungan baik dalam wilayah kemanusiaan. Komunikasi verbal pun dapat dikatakan sebagai komunikasi yang paling mudah yang digunakan individu dan masyarakat dalam menyampaikan pesan komunikasi kepada setiap lawan bicaranya atau si penerima pesan komunikasi. Kunci utama agar komunikasi verbal dapat membangun hubungan kemanusiaan adalah ketika komunikasi itu disampaikan dengan perkataan/ucapan yang baik, tidak menyinggung lawan bicara, terlebih mengandung unsur kebencian yang di dalamnya berisi unsur kebohongan, ghibah dan caci maki. Pendidikan di dunia ini memiliki arah atau tujuan. Arah dan dan tujuan tersebut sangat bergantung pada peran manusia di dalamnya. Maka apabila manusia berperan aktif dalam mewujudkan cita-cita hal ini akan sangat berpengaruh besar pada pembaruan pemikiran dan perilaku sumber daya manusia. Jadi keinginan yang sangat kuat untuk mewujudkan cita-cita dalam menempuh pendidikan yaitu merupakan power yang sangat penting untuk bisa meraih tujuan dari pendidikan setidaknya manusia berusaha keras, berdoa dan diiringi dengan dorongan sepiritual demi tercapainya visi dan misi belajar. Komunikasi verbal antara manusia kadang dihiasi pertanyaan, dialog, sumpah, janji, ancaman dan sebagainya. Hal itu dimaksudkan agar pesan yang disampaikan mengenai sasaran dan efektif. Allah Swt dalam mengkomunikasikan pesan-pesan-Nya juga menggunakan bahasa dan gaya bahasa manusia, tujuannya agar pesan-pesan tersebut dapat diterima, diperhatikan, dipedomani dan dilaksanakan dengan baik. Metode penelitian adalah cara atau strategi menyeluruh untuk menemukan atau memperoleh data yang diperlukan. Karena penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Metode yang digunakan adalah metode yang berorientasi pada penelitian kepustakaan memfokuskan pada kajian konsep maka metode yang digunakan adalah metode content analisis yaitu dengan membaca berbagai literatur terkait buku-buku Tafsir Al-Misbah, Tafsir Al-Azhar, Tafsir Ibnu Katsir, dan Tafsir Al-Jalalain kemudian menyertakan analisis terhadap muatan pendidikan berbasis komunikasi verbal di dalamnya. Hasil Penelitia ini Seorang anak dalam ‘kehidupan sosialnya memerlukan kemampuan berkomunikasi untuk menyampaikan kehendak maupun dalam’ berinteraksi dengan orang di sekitarnya, kemampuan’ komunikasi seorang anak’ tergantung dari perbendaharaan kata dan’ stimulus yang di dapatkan dalam keseharian dari orang terdekatnya, dalam hal ini diantaranya adalah orang tua serta anggota keluarga lainnya. Komunikasi ‘orang tua dan anak akan ikut membantu ‘mengembangkan pemahaman anak pada makna kata yang digunakan dalam berkomunikasi, sekaligus merangsang anak untuk mampu merangkai kalimat yang baik. Dalam Islam orang tua memiliki peranan penting dalam membimbimbing dan mendidik, sejak dalam kandungan sampai menjelang dewasa, kewajiban orang tua merawat dan memelihara baik dari segi kesehatan fisik, mental dan sosial serta perkembangannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag dan Dr. Magdalena, M.Ag
Keywords: Komunikasi verbal dalam al-Qur’an; Relevansinya dengan pendidikan anak dalam keluarga
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Aug 2024 08:49
Last Modified: 05 Aug 2024 08:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10728

Actions (login required)

View Item View Item