Siregar, Sri Handayani (2023) Pengaruh penerapan problem based learning terhadap kepercayaan diri dan hasil belajar matematika siswa di Kelas VII SMP Negeri 1 Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2150500005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kurang baik serta tingkat kepercayaan siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika yang masih harus ditingkatkan dikarenakan siswa dan siswi menganggap matematika sulit dan pembelajaran yang menyeramkan. Guru cenderung menggunakan model Pembelajaran konvensional ini di SMP Negeri 1 Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara dan media pembelajaran masih menggunakan buku paket, papan tulis, dan spidol. Perlu dilakukan suatu perubahan dalam menyampaikan materi matematika dimana pembelajaran yang dilakukan lebih fokus kepada siswa sehingga memungkinkan siswa lebih suka, tertarik dan memperhatikan penjelasan guru dalam pembelajaran dan mengembangkan potensi yang dimiliki siswa sehingga hasil belajar siswa meningkat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menawarkan salah satu model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bentuk desain quasi eksperimen yang digunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen menerapkan Problem Based Learning dalam proses pembelajaran dengan materi Persegi dan Persegi Panjang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara. Dan sampel dalam penelitian ini 32 siswa untuk setiap kelas menggunakan Cluster Random Sampling. Penggunaan Model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL) memberikan pengaruh signifikan terhadap kepercayaan diri dan hasil belajar matematika siswa. Tingkat kepercayaan siswa setelah menggunakn problem based learning dari 32,94 menjadi 84,16 dan hasil belajar matematika siswa sebesar 63,75 dan setelah penerapan model pembelajaran nilai rata-rata menjadi 87,34. Tedapat pengaruh yang signifikan antara penerapan Problem Based Learning terhadap kepercayaan diri dan hasil belajar matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Batang Onang. Kelas dengan menerapkan model pembelajaran tipe Problem Based Learning terhadap kepercayaan diri dan hasil belajar siswa memberikan pengaruh signifikasn. Ini ditunjukkan hasil angket dengan nilai sig < 0,05 yaitu 0,01 < 0,05 dan thitung > ttabel yakni 3,343 > 2,04. Serta nilai hasil tes dengan nilai sig < 0,05 yaitu 0,00 < 0,05 dan thitung > ttabel yakni 4,077 > 2,04, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan Problem Based Learning (PBL) terhadap kepercayaan diri siswa dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Dr. Lelya Hilda, M.Si |
Keywords: | Hasil belajar; Kepercayaan diri; PBL |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 08:43 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 08:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10727 |
Actions (login required)
View Item |