Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pandangan kepala sekolah tentang moderasi beragama dan aktualisasinya dalam penyelenggaraan pendidikan di SMA Negeri 1 Matauli Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah

Sipahutar, Marnita (2024) Pandangan kepala sekolah tentang moderasi beragama dan aktualisasinya dalam penyelenggaraan pendidikan di SMA Negeri 1 Matauli Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2150100037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Moderasi beragama sebagai upaya dalam mempersatukan perbedaan dari banyak segi keragaman di negara indonesia, dan lembaga pendidikan yang berbasis sekolah umum tidak terlepas dari ragam budaya, etnis, suku, bahasa, dan daerah asal yang berbeda-beda sehingga kita bisa menemukan sikap saling menghargai, menghormati, dan kerja sama antar masyarakat dalam sekolah tersebut begitu tinggi sehingga jarang terjadi konflik dan perpecahan diruang lingkup sekolah tersebut. Dari realita yang ada, hal tersebut menimbulkan pertanyaan-pertanyaan dan rasa penasaran yang begitu dalam terhadap kondisi tersebut karena notabene, di lembaga pendidikan umumlah yang lebih rawan muncul konflik atau gesekan-gesekan dan perpecahan atas perbedaan dilembaga tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1. Bagaimana pandangan kepala sekolah tentang moderasi bergama dalam penyelenggaraan pendidikan SMA Negeri 1 Matauli Pandan. 2. Bagaimana aktualisasi moderasi beragama dalam penyelenggaraan pendidikan SMA Negeri 1 Matauli Pandan. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa 1. Pandangan kepala sekolah tentang moderasi bergama dalam penyelenggaran pendidikan adalah diterima positif, mereka memandang baik moderasi beragama, dan memandang bahwa moderasi beragama dipandang perlu untuk diamalkan dan dijelaskan bahwa didalam moderasi beragama kita dituntut untuk bisa menerima perbedaan, baik dari agama, suku, budaya, dan tidak terlepas juga tentang ide-ide agar bersikap adil dimanapun, kapanpun, dengan merujuk pada firman Allah swt dalam Q.S Al-Baqarah ayat 143 bahwa Allah swt telah menjadikan kamu (umat Islam), umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas perbuatan manusia dan agar rasul menjadi saksi atas perbuatan kamu. 2. Aktualisasi moderasi beragama yang terlihat di SMA Negeri 1 Matauli Pandan adalah dari nilai Tawassuth (mengambil jalan tengah), Tawazun (keseimbangan), I’tidal (lurus dan tegas), Aktualisasi Tasamuh (toleransi), Aktualisasi Syurah (musyawarah), Ishlah (reformasi), Tathawwur wa Ibtikar (dinamis dan inovatif), Tahadhur (berkeadaban), dan Wathaniyah wa Muwathanah (penerimaan eksitensi negara), Kesembilan nilai moderasi beragama tersebut teraktualisasikan dalam penyelenggaraan pendidikan SMA Negeri 1 Matauli Pandan, dalam penerimaan siswa baru, pola pengasuhan di asrama, penyusunan kurikulum, pelaksanaan pembelajaran, dan rekrutmen tenaga pendidik dan kependidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag dan Dr. Lelya Hilda, M.Si
Keywords: Moderasi beragama; Penyelenggaraan pendidikan; Pandangan kepala sekolah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:52
Last Modified: 31 Jul 2024 08:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10721

Actions (login required)

View Item View Item