Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis blended learning dengan memanfaatkan google classroom pada materi trigonometri di Kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan

Siregar, Torang (2024) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis blended learning dengan memanfaatkan google classroom pada materi trigonometri di Kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2250500004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya penerapan teknologi, pembelajaran yang masih menerapkan sistem tradisional dan konvensional dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran tradisional maksudnya pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran sehari-hari dengan menggunakan model yang bersifat umum tanpa menyesuaikan model yang tepat berdasarkan sifat dan karakteristik dari materi pembelajaran yang diajarkan. Sedangkan pembelajaran konvensional adalah pembelajaran yang berpusat pada guru, dimana peran guru mengendalikan atas kebanyakan penyajian pembelajaran atau bisa juga disebut metode ceramah. Faktor lainnya adalah kurangnya sumber belajar dalam mencari informasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis model Blended Learning yang memanfaatkan penggunaan teknologi yaitu Google Classroom pada materi trigonometri. Pembelajaran berbasis Blended Learning adalah metode pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dan diselingi pembelajaran daring secara terpadu, artinya pembelajaran tatap muka dan daring berjalan secara beriringan, menerapkan pemanfaatan teknologi media ICT, pemanfaatan jaringan internet, pembelajaran berbasis website dan penggunaan berbagai aplikasi (Google Classroom) Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan/research development (R&D) yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi desain produk, 6) uji coba produk, 7) revisi produk. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa bahan ajar/modul ajar. Objek penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yang dikembangkan veru berikut penambahan fitur baru di Aplikasi Google Classroom (Combine academia.edu). Subjek penelitian ini adalah guru matematika dan siswa/siswi Kelas X1 SMA N 2 Padangsidimpuan. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah validasi perangkat ajar, uji praktikalitas perangkat ajar dan uji efektivitas perangkar ajar. Sedangkan teknik pengumpulan data dan analisis data digunakan uji validasi, uji-t, observasi, angket, pretest dan posttest. Hasil penelitian didapatkan kevalidan bahan ajar 86,58% sangat valid digunakan, kepraktisan bahan ajar sebesar 80,54% cukup valid digunakan siswa dan efektivitas sebesar 85,94% sangat efektif digunakan siswa dan guru dan keefektivitasan sebesar t- tabel 1,697, t-hitung 18,4, t-hitung > t-tabel. Sedangkan pada taraf α = 0,05 dk = N – Nr = 32 – 2 = 30 diperoleh t-tabel 1,697 dan t-hitung 18,4 maka hipotesis yang ditegakkan diterima atau disetujui kebenarannya (valid, praktis, efektif) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan Bahan Ajar yang teruji kevalidannya, kepraktisannaya dan keefektivannya teruji kepraktikalitasannya dan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran matematika materi trigonometri.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si dan Dr. Anita Adinda, S.Si., M.Pd
Keywords: Perangkat pembelajaran; Modul ajar; Blended learning; Google Classroom; Penelitian & pengembangan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:13
Last Modified: 31 Jul 2024 04:13
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10714

Actions (login required)

View Item View Item