Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pola pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi Olimpiade Sains di Madrasah Aliyah Darul Mursyid

Lase, Arjun Arifin (2023) Pola pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi Olimpiade Sains di Madrasah Aliyah Darul Mursyid. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2150500007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan ajang kompetisi tahunan dalam bidang sains bagi para siswa SD, SMP, dan SMA serta yang sederajat di seluruh Indonesia. Program ini menjadi salah satu wadah penjaringan siswa/siswi berprestasi bidang akademik diberbagai tingkat jenjang sekolah (SD, Madrasah atau setara SMP dan SMA). Penyelenggaraan kegiatan OSN ini akan menumbuh kembangkan semangat berkompetisi yang berorientasi pada kemampuan akademik siswa dibidang sains. Selain itu ada juga Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang merupakan kompetisi bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia. Materi yang diujikan di dalamnya terintegrasi dengan ilmu pengetahuan agama. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan pola pengorganisasian pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi olimpiade sains di Madrasah Aliyah Darul Mursyid?. (2) Untuk menjelaskan pola penyampaian pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi olimpiade sains di Madrasah Aliyah Darul Mursyid. (3) Untuk menjelaskan pola pengelolaan pembelajaran matematika dalam peningkatan prestasi olimpiade sains di Madrasah Aliyah Darul Mursyid. (4) Untuk mengungkapkan hasil penerapan pola pembelajaran matematika dalam peningkatan prestasi olimpiade sains di Madrasah Aliyah Darul Mursyid. Penelitian ini menggunakan perangkat metodologis dengan pendekatan kualitatif deskriptif berbasis pada paradigma fenomenologi melalui instrumen pendukung (interview, observasi, dokumentasi) yang memungkinkan data objektif bisa diangkat ke permukaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pola pengorganisasian pembelajaran matematika yang dilakukan di Madrasah Aliyah Darul Mursyid adalah dengan mengatur penetapan kurikulum yang jelas dan terukur dan dibentuk bersama seluruh stakeholder Pendidikan di lingkungan madrasah. (2) Pola penyampaian pembelajaran matematika yang dilakukan di Madrasah Aliyah Darul Mursyid. Pertama; Darul Mursyid sangat menjunjung tinggi prinsip kreativitas dan efektivitas pada pembelajaran siswa. Kedua; Media pembelajaran diarahkan menggunakan model yang lebih variatif dan inovatif. Ketiga; pembelajaran dalam kelas KBM ataupun olimpiade harus menggunakan metode belajar interaktif dan dinamis. (3) Pola pengelolaan pembelajaran matematika yang dilakukan di Madrasah Aliyah Darul Mursyid disusun secara bersama oleh seluruh stakeholder madrasah dan pesantren. Mulai dari penyusunan struktur kurikulum sampai pada penetapan guru pada bidang studi dan penetapan jam belajar pada satu muatan kurikulum tertentu. Mewajibkan guru membuat jurnal dan catatan perkembangan siswa pada bidang studinya dan dievaluasi secara berkala oleh madrasah. (4) Capaian hasil penerapan pola pembelajaran matematika dalam peningkatan prestasi olimpiade sains di Madrasah Aliyah Darul Mursyid menunjukkan bahwa prestasi yang diraih oleh peserta didik di berbagai ajang olimpiade sains berhasil meraih juara pada tiap tahunnya terutama juara umum.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Prof. Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag dan Dr. Suparni, S.Si., M.Pd
Keywords: Pola pembelajaran; Pembelajaran matematika; Prestasi Olimpiade Sains
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:53
Last Modified: 30 Jul 2024 03:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10701

Actions (login required)

View Item View Item