Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan keputusan pembelian secara online dengan celebrity endorser sebagai variabel moderasi pada mahasiswa di Kota Padangsidimpuan

Pane, Mujahidun Hapisni (2023) Determinan keputusan pembelian secara online dengan celebrity endorser sebagai variabel moderasi pada mahasiswa di Kota Padangsidimpuan. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2150200011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penerapan lockdown pada COVID-19 tahun 2020 telah membentuk perubahan perilaku besar-besaran hingga memaksa masyarakat untuk beradaptasi dengan kondisi tersebut. Kondisi inilah yang menyebabkan perilaku masyarakat untuk melakukan transaksi secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-trust, e-wom, e-servqual dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian online. Sekalipun melihat efek moderasi celebrity endorser terhadap keputusan pembelian pada Mahasiswa di Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif yang dilakukan di kota padangsidimpuan dengan jumlah sampel 377 mahasiswa di 10 universitas yang berada di Kota Padangsidimpuan. Adapun teknik sampling yang dipakai adalah stratified sampling. Mengingat model dalam penelitian ini adalah model kausalita, maka untuk menguji hipotesis digunakan data primer dengan pendekatan Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan program WarpPLS 8.0. Hasil uji path dengan untuk melihat pengaruh antara setiap variabel eksogen ke variabel endogen. Selanjutnya, terdapat pengaruh e-trust, e-wom dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian online, sedangkan untuk variabel e-servqual tidak terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian online. Namun, terdapat efek moderasi celebrity endorser terhadap keputusan pembelian online, sementara untuk variabel ewom dan e-servqual tidak terdapat efek moderasi terhadap keputusan pembelian online pada Mahasiswa di Kota Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Rukiah, S.E., M.Si dan Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M
Keywords: E-trust; E-wom; E-servqual; Celebrity endorser; Keputusan pembelian online
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:36
Last Modified: 30 Jul 2024 03:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10700

Actions (login required)

View Item View Item