Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya overhead pabrik terhadap penjualan keripik pada usaha kecil dan menengah (studi kasus Fikri Snack di Desa Pematang Seleng Kab. Labuhan Batu)

Siregar, Ardhi Wiranata (2023) Pengaruh biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya overhead pabrik terhadap penjualan keripik pada usaha kecil dan menengah (studi kasus Fikri Snack di Desa Pematang Seleng Kab. Labuhan Batu). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200204.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Usaha Kecil Menengah (UKM) "Fikri Snack" merupakan salah satu perusahaan yang berlokasi di Desa Pematang Seleng Kabupaten Labuhan Batu. Usaha ini tentunya membutuhkan biaya produksi untuk membiayai produksinya. Biaya produksi di pabrik Fikri Snack mengalami peningkatan setiap tahunnya sejalan dengan peningkatan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja, serta biaya overhead pabrik terhadap penjualan Fikri Snack. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan analisis regresi linear berganda, dimana sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil dari Usaha Kecil Menengah "Fikri Snack". Populasi dalam penelitian ini menggunakan data perusahaan Fikri Snack sejak berdiri dari tahun 2020 sampai dengan tahun 2022. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah data sebanyak 36 bulan. Uji yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara parsial (uji t), biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung berpengaruh terhadap terhadap penjualan, sementara biaya overhead pabrik tidak berpengaruh terhadap penjualan. Secara simultan melalui (uji f), biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik tidak berpengaruh terhadap penjualan. Namun, kontribusi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik berpengaruh terhadap penjualan sebesar 5,3% dan sisa 94,7% lagi, dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E., M.A dan H. Ali Hardana S.Pd., M.Si
Keywords: Biaya bahan baku; Biaya tenaga kerja langsung; Biaya overhead pabrik
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150109 Budgetary Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Jul 2024 09:48
Last Modified: 26 Jul 2024 09:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10693

Actions (login required)

View Item View Item