Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis laporan keuangan untuk mengetahui tingkat laba pada usaha (studi kasus Tyyana Coffee Aek Sabaon, Tapanuli Selatan)

Daulay, Aisyah Futri Utami (2023) Analisis laporan keuangan untuk mengetahui tingkat laba pada usaha (studi kasus Tyyana Coffee Aek Sabaon, Tapanuli Selatan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200185.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah terjadinya naik turun laba selama tiga periode terakhir yaitu tahun 2021, 2022 dan 2023. Rumusan masalah bagaimana tingkat laba pada usaha jika ditinjau dari Return on Assets, Return on Equity, Gross Profit Margin dan Net Profit Margin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat laba pada usaha dengan menggunakan rasio profitabilitas. Kegunaan penelitian ini yaitu secara teoritis dan secara praktis bagi peneliti, bagi lembaga perguruan tinggi dan peneliti selanjutnya. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang akuntansi yang menjelaskan tentang tingkat laba pada usaha jika ditinjau dari Return on Assets, Return on Equity, Gross Profit Margin dan Net Profit Margin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilakukan dengan menggunakan perhitungan terhadap laporan keuangan. Teknik dokumentasi pada laporan keuangan Tyyana Coffee Aek Sabaon Tapanuli Selatan adalah data yang diperoleh dan diolah dengan mereview data laporan keuangan, menghitung dan menginterpretasi. Hasil dari analisis data dan pembahasan hasil penelitian, maka diketahui bahwa tingkat laba pada usaha Tyyana Coffee Aek Sabaon Tapanuli Selatan berdasarkan rasio profitabilitas jika ditinjau dari Net Profit Margin dan Gross Profit Margin dinyatakan sehat. Dari Return on Assets dan Return on Equity dinyatakan tidak sehat. Disebabkan oleh margin laba, perputaran aktiva perusahaan, persediaan perusahaan, harga produk perusahaan, pengendalian biaya operasional yang rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M dan Zulaika Matondang, M.Si
Keywords: Tingkat laba usaha; Rasio profitabilitas; ROA; ROE; GPM; NPM
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Jul 2024 09:16
Last Modified: 26 Jul 2024 09:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10692

Actions (login required)

View Item View Item