Nasution, Sri Rahmayanti (2019) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada pokok bahasan segiempat di kelas VII SMP N 5 Sosa Satu Atap Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
15 202 00077.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa baik secara lisan maupun tulisan. Hal ini disebabkan materi masih belum dijelaskan dengan media sehingga siswa kurang tertarik, serta model pembelajaran yang tidak melibatkan siswa untuk aktif menjawab dan bertanya. Untuk mengatasi rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa salah satu cara yang dapat digunakan dengan menerapkan model pembelajaran teams games tournamet. Model Teams Games Tournament mengaharuskan siswa untuk lebih berani dalam menjawab atau menyampaikan ide-ide yang dimiliki siswa serta mengatasi mendominasinya yang berkemampuan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa khususnya pada materi segiempat dengan menggunakan model pembelajaran teams games tournament di kelas VII SMP N 5 Sosa Satu Atap Kabupaten Padang Lawas. Melalui penerapan model pembelajaran teams games tournament diharapkan pembelajaran lebih aktif dan mengatasi mendominasinya yang berkemampuan tinggi sehingga pada akhirnya yang tadinya hanya diam sama sekali menjadi aktif dalam mengeluarkan ide-ide gagasannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah kelas VII SMP N 5 Sosa Satu Atap Kabupaten Padang Lawas tahun ajaran 2019 yang terdiri dari 23 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Berdasarkan data hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa secara tulisan melalui tes dari siklus I pertemuan 1 56,75% menjadi 70,27% siklus I pertemuan 2 pada siklus II pertemuan 1 78,37% menjadi 91, 89% siklus II pertemuan 2 sedangkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model teams games tournament melalui observasi siklus 1 pertemuan 1 47,5% menjadi 56,16% siklus I pertemuan 2. Sedangkan siklus II pertemuan 1 73,44% menjadi 86,94%. Maka dengan mengunakan model pembelajaran tipe teams games tournament dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VII SMP N 5 Sosa Satu Atap kabupaten Padang Lawas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Komunikasi matematis; Teams Games Tournament; Segiempat |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 29 Apr 2020 04:42 |
Last Modified: | 29 Apr 2020 06:33 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1069 |
Actions (login required)
View Item |