Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak PAUD di Desa Bandar Tarutung Kecamatan Angkola Sangkunur Kabupaten Tapanuli Selatan

Siregar, Rahmadani (2022) Upaya orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak PAUD di Desa Bandar Tarutung Kecamatan Angkola Sangkunur Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100214.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran orangtua motivasi belajar anak di Desa Bandar Tarutung Kecamatan Angkola Sangkunur. Untuk mengetahui apa factor yang mempengaruhi motivasi belajar anak paud di Desa Bandar Tarutung Kecamatan Angkola Sngkunur, untuk mengetahui apa upaya orangtua dalam meningkatkan motivasi instrinsik untu belajar anak paud di Desa Bandar Trutung Kecamatan Angkola Sangkunur. Untuk mengetahui bagaimana upaya orangtua dalam motivasi ekstrinsik untuk belajar anak paud di Desa Bandar Tarutung Kecamatan Angkola Sangkunur. Pendidikan merupakan proses mendidik dan menuntun anak didik untuk mencapai tujuan tertentu dalam wujud perubahan-perubahan yang positif dalam diri anak. Pendidikan berawal dari keluarga yaitu orangtua. Orangtua adalah madrasah anak bagi anak-anak tanpa orangtua anak tidak bisa menadapatkan pendidikan yang layak. Perlu bimbingan dan pengawasan yang teratur karena kehidupan anak merupakan tanggungjawab orangtua. Jenis penelitian ini adalah penelian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah interview (wawancara(, observai dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan proses mencari dan menyususn urutan data secara sistematis dari data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar anak yaitu orangtua sebagai panutan, orangtua sebagai fasilitator, dan orangtua sebagai motivator anak. Adapun bentuk motivator yang dapat diberikan oleh orangtua kepada anak adalah perhatian, hadiah, penghargaan, pujian dan hukuman. Upaya orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar anak cukup baik, hal ini bisa dilihat dari wawancara dan observasi bahwa upaya orangtua sudah realisasikan secara baik oleh orang tua di Desa Bandar Tarutung Kecamatan Angkola Sangkunur Kabupaten Tapanuli Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Syafnan, M.Pd dan Fitri Ramadhini, M.Pd
Keywords: Upaya orangtua; Motivasi belajar; Anak PAUD
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Jul 2024 08:33
Last Modified: 26 Jul 2024 08:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10688

Actions (login required)

View Item View Item