Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pengembangan usaha IKM Pandai Besi Harahap Serasi Sipange dalam perspektif ekonomi Islam

Nur, Pauziah (2024) Analisis strategi pengembangan usaha IKM Pandai Besi Harahap Serasi Sipange dalam perspektif ekonomi Islam. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman yang serba cepat, menyebabkan munculnya banyak pelaku usaha baru. Hal ini menjadi tantangan bagi pelaku industri kecil, khususnya Industri Kecil Menengah (IKM) Pandai Besi Harahap Serasi Sipange, untuk mengembangkan usahanya dan mempertahankan kelangsungan industri yang telah lama berjalan. Oleh karena itu, para pelaku IKM Pandai Besi Serasi Sipange dituntun untuk menentukan strategi pengembangan yang tepat agar dapat bersaing dan berkembang di tengah banyaknya bengkel pandai besi yang muncul di Desa Sipange. Fokus penelitian ini adalah menentukan strategi pengembangan yang tepat dalam perspektif Ekonomi Islam bagi IKM Pandai Besi Harahap Serasi Sipange. Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi pengembangan yang diterapkan oleh industri pandai besi di Desa Sipange dalam menghadapi persaingan dari pelaku usaha yang membuka bengkel pandai besi secara mandiri. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menilai kesesuaian usaha industri tersebut dengan prinsip-prinsip syariah dalam Ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data melibatkan pengumpulan informasi, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan usaha IKM Pandai Besi Harahap Serasi Sipange dalam menghadapi pesaing di Desa Sipange melibatkan Revitalisasi Pasar Tradisional, Konsep Produk, dan Konsep Penjualan. Adapun strategi tersebut mencakup kerjasama dengan pedagang kaki lima, pedagang keliling, serta distributor barang untuk mencapai calon pembeli, serta penetapan harga yang sesuai. Selain itu, strategi yang diterapkan oleh industri ini sejalan dengan prinsip-prinsip Ekonomi Islam, seperti kejujuran, amanah, dan aspek kompetitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, S.E., M.A dan Sarmiana Batubara, M.A
Keywords: Strategi pengembangan; IKM Pandai Besi; Pedagang kaki lima
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Jul 2024 08:21
Last Modified: 26 Jul 2024 08:21
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10687

Actions (login required)

View Item View Item