Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan puzzle pythagoras dan animasi powerpoint untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa di Kelas VIII SMP Negeri 2 Siabu

Siregar, Putri Regina (2024) Pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan puzzle pythagoras dan animasi powerpoint untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa di Kelas VIII SMP Negeri 2 Siabu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media dalam pembelajaran matematika serta penjelasan tentang materinya sangat monoton. Sehingga hal ini mengakibatkan adanya rasa jenuh ataupun bosan dan berujung pada kurangnya pemahaman konsep siswa tentang materi teorema pythagoras. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka media pembelajaran berupa Puzzle Pythagoras dan Animasi PowerPoint yang dapat menarik minat atau perhatian peserta didik sehingga tidak mudah jenuh serta dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang materi teorema pythagoras. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana validitas, praktikalitas, serta efektivitas pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan Puzzle Pythagoras dan animasi PowerPoint untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Siabu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas serta efektivitas pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan Puzzle Pythagoras dan animasi PowerPoint untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Siabu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Siabu dengan subjek uji coba produk di kelas VIII-1 berjumlah 24 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, wawancara dan observasi serta menggunakan teknik analisis validitas, praktikalitas dan efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sudah divalidasi oleh validator dari 3 ahli yaitu untuk media Puzzle Pythagoras ahli materi sebesar 87%, ahli media sebesar 81% dan ahli bahasa sebesar 77%, sehingga hasil persentase keseluruhan validator ahli sebesar 81,7% dengan kategori sangat valid. Sedangkan untuk media animasi PowerPoint ahli materi sebesar 79%, ahli media sebesar 79% dan ahli bahasa sebesar 76%, sehingga total dari keseluruhan persentase sebesar 78% dengan kategori valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Dr. Suparni, S.Si., M.Pd
Keywords: Puzzle; Animasi power point; Pemahaman konsep
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Jul 2024 08:12
Last Modified: 25 Jul 2024 08:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10682

Actions (login required)

View Item View Item