Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peranan orang tua dalam meningkatkan aktivitas keagamaan remaja di Desa Singengu Jae Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal

Nurhalimah, Nurhalimah (2024) Peranan orang tua dalam meningkatkan aktivitas keagamaan remaja di Desa Singengu Jae Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100129.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang masalah dalam penelitian ini yaitu Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Aktivitas Keagamaan Remaja Di Desa Singengu Jae Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Kurangnya peran orang tua dalam meningkatkan aktivitas keagamaan anak remaja mengakibatkan beberapa kelemahan dimana orang tua terlalu sibuk pada pekerjaannya dimana salah satu faktor kelalaiannya tersebut adalah kesibukan orang tua dan kurang komunikasi, keadaan ini dapat mengakibatkan anak terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apa saja bentuk aktivitas keagamaan remaja di Desa Singengu Jae Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal, Bagaimana Peranan Orang tua Dalam Meningkatkan Aktivitas Keagamaan Remaja di Desa Singengu Jae Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal, Apa Kendala yang dihadapi Orang tua Dalam Meningkatkan Aktivitas Keagamaan Remaja di Desa Singengu Jae Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang dibutuhkan yaitu sumber data primer yaitu 8 orang tua di Desa Singengu, dan sumber data skunder yaitu kepala Desa dan remaja. Teknik penjamin keabsahan adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian analisis data wawancara, yaitu: penulis menemukan bahwa Peran orang tua dalam meningkatkan aktivitas keagamaan remaja di Desa Singengu sudah dilaksanakan dengan baik, peran tesebut di antaranya, sebagai pendidik, orang tua memberikan pengajaran nilai-nilai agama kepada remaja, memberikan teladan kepada remaja, menerapkan kepada remaja taat beribadah dan sebagai pengawas, orang tua selalu melakukan pengawasan terhadap lingkungan pergaulan remaja agar remaja tidak tergerus oleh lingkungan yang buruk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Abdusima Nasution, M.A dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi
Keywords: Peranan orang tua; Meningkatkan aktivitas remaja
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Jul 2024 03:50
Last Modified: 25 Jul 2024 03:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10678

Actions (login required)

View Item View Item