Siregar, Romaito (2024) Implementasi kurikulum Merdeka Belajar di MAN 2 Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100105.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang oleh peran guru yang masih terasa kaku dengan adanya kurikulum merdeka belajar, Guru yang mengajar kurang mendapat pelatihan khusus untuk menerapkan kurikulum merdeka belajar, guru mata pelajaran juga masih melaksanakan pembelajaran dengan metode ceramah, pada saat memberikan penilaian guru juga masih kebingungan untuk mengisi format nilai dengan cara baru, pada siswa kelas X masih merasa kebingungan dengan adanya kurikulum merdeka belajar, siswa masih kurang dapat memahami pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar, proyek pada kurikulum merdeka belajar juga masih membingungkan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi kurikulum merdeka belajar dan apa saja kendala dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar di MAN 2 Kota Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka belajar serta kendala apa saja yang dialami dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif yaitu penelitian yang berdasarkan pada filsafat postpositivisme, yang digunakan untuk meneliti kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data yang dilakukan secara triangulasi atau gabungan dari wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa proses pembelajaran di MAN 2 Kota Padangsidimpuan khususnya di kelas Xtelah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Peran guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar sudah cukup baik hanya saja kurang efektif dikarenakan masih ada beberapa guru yang kurang memahami cara penerapan kurikulum merdeka belajar dalam proses pembelajaran dan siswa juga masih banyak yang kebingungan dalam memahami pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar. Namun, beberapa dari siswa juga sudah banyak yang paham dan mengerti tentang pembelajaran yang disampaikan guru dengan menerapkan kurikulum merdeka belajar. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat diketahui bahwa implementasi kurikulum merdeka belajar di MAN 2 Kota Padangsidimpuan sudah cukup baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Asnah, M.A dan Hamidah, M.Pd |
Keywords: | Implementasi; Kurikulum Merdeka Belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 03:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 03:13 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10676 |
Actions (login required)
View Item |