Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Meningkatkan hasil belajar aritmatika sosial melalui penerapan metode resitasi dengan menggunakan media quiziz di Kelas VII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan

Pohan, Ade Irma Suryani (2024) Meningkatkan hasil belajar aritmatika sosial melalui penerapan metode resitasi dengan menggunakan media quiziz di Kelas VII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (12MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini diawali dengan beberapa temuan seperti masih banyak siswa yang kurang kemampuan pemahaman konsep dasar matematikanya. Kemampuan siswa dalam menyatakan ulang sebuah konsep dalam soal juga masih rendah kemudian kemampuan memahami, menyelesaikan dan menafsirkan solusi suatu masalah dari soal juga siswa belum bisa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan metode resitasi dengan menggunakan media quiziz dapat meningkatkan hasil belajar aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah melalui penerapan metode resitasi dengan menggunakan media quiziz dapat meningkatkan hasil belajar aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Pelaksanaan penelitian ini direncanakan di SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan instrumen tes dan observasi. Berdasarkan Hasil pengamatan terhadap aktivitas guru di siklus I pada pertemuan I diperoleh nilai rata-rata sebesar 55.00 dengan kategori cukup, pada pertemuan II diperoleh nilai 65.00 dengan kategori cukup. Nilai rata-rata hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I sebesar 56.25 berada pada kategori cukup, kemudian pada pertemuan II diperoleh nilai 68.75. Hasil pengamatan terhadap aktivitas guru di siklus II pada pertemuan I diperoleh nilai rata-rata sebesar 80 dengan kategori baik, kemudian pada pertemuan II diperoleh nilai rata-rata sebesar 85 dengan kategori sangat baik. Nilai rata-rata hasil observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus II pertemuan I sebesar 75 yakni berada pada kategori baik kemudian pertemuan II diperoleh sebesar 87.5 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tes siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata tes sebesar 65.60 hasil tabel diketahui hanya terdapat 12 siswa yang tuntas atau sekitar 48%, kemudian pertemuan II diperoleh nilai rata-rata tes sebesar 70.80 terdapat 15 siswa yang tuntas 60% dan 10 siswa yang tidak tuntas atau sekitar 40%. Hasil tes siklus II pertemuan I diketahui nilai rata-rata siswa 76.40 terdapat sebanyak 20 siswa yang tuntas sekitar 80% dan 5 siswa yang tidak tuntas sekitar 20%. Kemudian pertemuan II diperoleh nilai rata-rata 85.80 dengan kategori sangat baik yaitu terdapat 23 siswa yang tuntas atau sekitar 92% dan 32 siswa yang tidak tuntas sekitar 8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd
Keywords: Hasil belajar; Aritmatika; Metode resitasi; Media quiziz
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:57
Last Modified: 25 Jul 2024 02:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10675

Actions (login required)

View Item View Item