Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri 2 Siabu Kabupaten Mandailing Natal

Siregar, Nur Baiti (2024) Upaya guru pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri 2 Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100152.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Akhlak ialah sifat dan karakter seseorang yang menimbulkan perbuatan-perbuatan dan perkataan yang baik maupun buruk dengan mudah dan spontan tanpa pemikiran dan pertimbangan, yang dapat dilakukan berulang kali dan bisa merugikan maupun menguntungkan bagi dirinya dan juga orang lain. Akhlak memiliki peran penting dalam membangun suatu bangsa. Akhlak yang dimaksud adalah akhlakul karimah atau akhlak terpuji. Seseorang yang berakhlakul karimah, maka segala perbuatan dan tingkah lakunya pun baik, sehingga pendidikan akhlak itu penting dalam kehidupan baik di sekolah, keluarga dan masyarakat. Pendidikan akhlak adalah pendidikan yang berfokus untuk mengarahkan tingkah laku, sikap kepribadian atau sifat dan karakter manusia agar menjadi baik. Sehingga pendidikan akhlak sangat penting untuk ditanamakan agar terwujdunya kehidupan yang harmonis dan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keadaan akhlak siswa di SMP Negeri 2 Siabu Kabupaten Mandailing Natal dan apa saja upaya guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri 2 Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan akhlak siswa di SMP Negeri 2 Siabu Kabupaten Mandailing Natal dan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri 2 Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan metode deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan secara sistematis fakta dan objek yang diteliti sesuai dengan apa adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan proses mencari dan menyusun urutan data secara sistematis dari data yang diproleh dan hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keadaan akhlak siswa di SMP Negeri 2 Siabu Kabupaten Mandailing Natal masih ada yang tidak jujur, kurang disiplin, kurang sopan santun, malas dan mencuri. Adapun upaya guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa yaitu guru menyampaikan materi pelajaran tidak begitu sulit dan tidak membosankan sehingga motivasi belajar siswa tidak menurun secara draktis, adanya kerja sama antara pihak sekolah atau guru dengan orang tua/ wali siswa (Preventif), memberikan teguran dan Peringatan (Represif), Pengaktifan ekstrakurikuler BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) dan Kegiatan Pramuka (Kuratif), metode keteladanan, Pembiasaan, Nasehat, Hukuman dan Kisah (cerita).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd
Keywords: Upaya guru pendidikan Agama Islam; Akhlak siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:43
Last Modified: 25 Jul 2024 02:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10674

Actions (login required)

View Item View Item