Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh komunikasi dalam keluarga terhadap akhlak anak sehari-hari di Desa Bintuas Kecamatan Natal

Risusanti, Risusanti (2024) Pengaruh komunikasi dalam keluarga terhadap akhlak anak sehari-hari di Desa Bintuas Kecamatan Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran komunikasi dalam keluarga di Desa Bintuas Kecamatan Natal, bagaimana gambaran akhlak anak dalam keluarga di Desa Bintuas Kecamatan Natal, bagaimana pengaruh komunikasi dalam keluarga terhadap akhlak anak sehari-hari di Desa Bintuas Kecamatan Natal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran komunikasi dalam keluarga di Desa Bintuas Kecamatan Natal, untuk mengetahui gambaran akhlak anak dalam keluarga di Desa Bintuas Kecamatan Natal, untuk mengetahui pengaruh komunikasi dalam keluarga terhadap akhlak anak sehari-hari di Desa Bintuas Kecamatan Natal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model ex post facto. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah anak di Desa Bintuas Kecamatan Natal yang terdiri dari 130 dan sampel berjumlah 26. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah angket yang menggunakan skala likert serta terdiri dari pernyataan posistif dan negatif dengan jumlah 25 item soal untuk bariabel X dan 25 item soal untuk variabel Y. Adapun analisis datanya dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran komunikasi dalam keluarga di Desa Bintuas Kecamatan Natal dikategorikan baik dengan skor 62,8% dan gambaran akhlak anak dalam keluarga di Desa Bintuas Kecamatan Natal dikategorikan baik dengan skor 68%. Dari hasil penelitian ini menejelaskan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara komunikasi terhadap akhlak anak, yang ditemukan angka koefisien regresi sebesar Y = 9,701 + 0,959X, dan perhitungan thitung > ttabel (9,004 > 1,71088) maka Ha diterima dan H0 ditolak artinya ada pengaruh yang signifikan antara variabel komunikasi (X) dan akhlak (Y). Komunikasi memiliki pengaruh sebesar 81% terhadap akhlak anak di Desa Bintuas Kecamatan Natal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Prof. Dr. Drs. H. Syafnan, M.Pd dan Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A
Keywords: Pengaruh; Komunikasi keluarga; Akhlak anak
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Jul 2024 08:17
Last Modified: 24 Jul 2024 08:17
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10670

Actions (login required)

View Item View Item