Harahap, Yuni Efrina (2018) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa pada materi logika di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 202 00028.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang dari masalah penelitian saya ini adalah salah satu penyebab prestasi matematika siswa masih rendah adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan guru pada waktu mengajar belum menggunakan model pembelajaran yang dapat mendorong siswa berpikir dan melibatkan siswa secara aktif. Menggunakan model reciprocal teaching dapat membantu siswa lebih aktif dan lebih menguasai pelajaran serta dapat mengaplikasikan ide-ide pemikirannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa materi logika di kelas X SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain non ekuivalen (untreated control group design with pretest and posttest). Sampel penelitian ini yakni kelas X-1 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes bentuk essay (uraian) yang berjumlah 7 soal. Data yang terdapat dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji persyaratan analisis. Analisis data dilakukan dengan chi-kuadrat, uji kesamaan varian dan uji-t. Hasil uji persyaratan analisis data diperoleh kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t hasil belajar yang diperoleh yaitu = 2,936 > =2,016, sehingga terjadi penolakan dan penerimaan Ha. Artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa pada materi logika di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | recirocal teaching; hasil belajar; logika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 28 Apr 2020 14:44 |
Last Modified: | 29 Apr 2020 06:32 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1067 |
Actions (login required)
View Item |