Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peranan guru mengaji dalam pembinaan membaca al-Qur’an anak usia 6-12 tahun di Desa Mangga Dua Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai

Ritantri, Dinda (2024) Peranan guru mengaji dalam pembinaan membaca al-Qur’an anak usia 6-12 tahun di Desa Mangga Dua Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas peranan guru mengaji dalam pembinaan membaca Al-Qur’an anak di Desa Mangga Dua yang dilatarbelakangi oleh ketidakmampuan orang tua dalam membina bacaan Al-Qur’an anak secara penuh sehingga dibutuhkan peranan guru mengaji untuk memberikan pembinaan terhadap bacaan Al-Qur’an anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru mengaji dalam pembinaan membaca Al-Qur’an anak usi 6-12 tahun di Desa Mangga Dua dan untuk mengetahui metode apa yang digunakan guru mengaji dalam proses pembinaan membaca Al-Qur’an anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penenlitian ini dilakukan dengan cara mengamati fenomena disekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Subjek penelitian ini berada pada guru mengaji dan sumber data dari penelitian ini yaitu guru mengaji, kepala desa, tokoh agama dan orang tua. Kemudian teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah peranan guru mengaji dalam pembinaan membaca Al-Qur’an anak usia 6-12 tahun di Desa Mangga Dua Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai adalah peranan guru mengaji sebagai pendidik, pengajar, mediator dan fasilitator, model dan teladan, motivator, pembimbing dan evaluator dalam membina baca Qur’an anak. Adapun metode yang digunakan guru mengaji yaitu metode Iqra kemudian mengajarkan dan membantu anak menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A dan Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd
Keywords: Peranan; Guru mengaji; Pembinaan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:53
Last Modified: 24 Jul 2024 07:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10668

Actions (login required)

View Item View Item