Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar PAI pokok bahasan indahnya saling menghormati melalui strategi pembelajaran poster komen di Kelas VI SD Negeri 1202 Gulangan Manggu Kecamatan Sihapas Barumun Kabupaten Padang Lawas

Siregar, Yusrina (2024) Peningkatan hasil belajar PAI pokok bahasan indahnya saling menghormati melalui strategi pembelajaran poster komen di Kelas VI SD Negeri 1202 Gulangan Manggu Kecamatan Sihapas Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100085.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah strategi pembelajaran poster komen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI tentang pokok bahasan indahnya saling menghormati dikelas VI SD Negeri 1202 Gulangan Manggu. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui Hasil belajar siswa sebelum diterapkan strategi pembelajaran poster komen pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi indahnya saling menghormati di kelas VI SD Negeri 1202 Gulangan Manggu .2) Untuk mengetahui Penerapan strategi pembelajaran poster komen pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam I materi indahnya saling menghormati di kelas VI SD Negeri 1202 Gulangan Manggu 3) Untuk mengetahui Hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran pembelajaran poster komen pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi indahnya saling menghormati di kelas VI SD Negeri 1202 Gulangan Manggu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang menggunakan tahapan berupa siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subyek penelitian ini adalah kelas 6 yang berjumlah 28 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran poster komen mampu dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi indahnya saling menghormati. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik yang meningkat setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran poster komen. Pada tahap Pree Test terdapat rata-rata 52,96% dengan ketuntasan klasikal 25,59% dengan jumlah 7 orang siswa yang tuntas. Pada Siklus I rata-rata hasil belajar 68,15 dengan ketuntasan klasikal mencapai 51,85% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 14 orang, pada Siklus II rata-rata hasil belajar 84,44%. dengan ketuntasan klasikal mencapai 88,89% dengan sebanyak 24 siswa yang tuntas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd dan Dr. Abdusima Nasution, M.A
Keywords: Hasil belajar; Strategi pembelajaran; Poster komen; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Jul 2024 04:13
Last Modified: 24 Jul 2024 04:13
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10664

Actions (login required)

View Item View Item