Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar fiqih dengan menggunakan media visual berbasis digital pada materi sholat wajib untuk siswa Kelas VII di MTs Swasta Al-Hidayah Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir

Adawiyah, Rabiyatul (2024) Peningkatan hasil belajar fiqih dengan menggunakan media visual berbasis digital pada materi sholat wajib untuk siswa Kelas VII di MTs Swasta Al-Hidayah Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100262.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bahwa masih banyak siswa yang belum bisa mempraktekkan gerakan dan bacaan Sholat dengan baik dan benar. Hal yang menyebabkan kurangnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fiqih yaitu siswa yang masih kurang peduli, bahkan tidak berminat dalam memahami materi shalat wajib dikarenakan guru masih menggunakan metode yang monoton dan kurang dalam penggunaan media pada pembelajaran. Oleh karena itu, anak-anak di MTs Swasta Al-Hidayah banyak yang kurang memahami bacaan sholat, gerakan sholat yang baik dan benar, bahkan ada yang sampai tidak melaksanakan shalat wajib. Untuk mengetahui peningkatan hasil dalam Pembelajaran Fiqih dengan Menggunakan Media Visual Berbasis Digital di kelas VII MTs Swasta Al-Hidayah. Jenis penulisan ini adalah Penulisan Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan empat langkah yaitu : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penulisan ini menggunakan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi, dan dokumentasi siswa kelas VII MTs Al-Hidayah. Setelah penulisan ini dilakukan diperoleh hasil pada saat melakukan tindakan awal jumlah siswa yang tuntas berjumlah 7 orang atau 25,92% dengan nilai rata-rata 60,74 dan jumlah siswa yang tidak tuntas yaitu 20 siswa atau 74, 07%. Pada pertemuan pertama (Siklus I) jumlah siswa yang tuntas 11 siswa atau 40,74% dengan nilai rata-rata 65,18 dan jumlah siswa yang tidak tuntas 16 siswa atau 59,25%. Pada pertemuan kedua (Siklus I) jumlah siswa yang tuntas 16 siswa atau 59,25% dengan nilai rata-rata 72,77 dan jumlah siswa yang tidak tuntas 11 siswa atau 40,74%. Pada pertemuan pertama (Siklus II) jumlah siswa yang tuntas 19 siswa atau 70,3% dengan nilai rata-rata 75,48 dan jumlah siswa yang tidak tuntas 8 siswa atau 29,6%. Pada pertemuan kedua (Siklus II) jumlah siswa yang tuntas 23 siswa atau 85,18% dengan nilai rata-rata 80,03 dan jumlah siswa yang tidak tuntas 4 siswa atau 14,81%. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media visual berbasis digital pada mata pelajaran Fiqih materi Sholat dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam setiap siklus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, S.T., M.Si dan Dr. Abdusima Nasution, M.A
Keywords: Media visual berbasis digital; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:38
Last Modified: 24 Jul 2024 03:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10661

Actions (login required)

View Item View Item