Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran kooperatif guided teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah materi pokok lingkaran pada kelas VIII SMP N 5 Padangsidimpuan

Pulungan, Pita Sari (2018) Pengaruh model pembelajaran kooperatif guided teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah materi pokok lingkaran pada kelas VIII SMP N 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemecahan masalah yang rendah dan model pembelajaran yang digunakan guru masih berpusat pada guru. Penelitian ini diberi judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Guided Teaching Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pokok Lingkaran Pada Kelas VIII SMP N 5 Padangsidimpuan”. Dengan demikian, Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif guided teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah materi pokok lingkaran pada kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Model pembelajaran kooperatif guided teaching merupakan rangkaian penyampaian materi ajar yang diawali dari suatu pertanyaan dan dijadikan dasar menyampaikan materi berikutnya. Karakteristik model pembelajaran kooperatif guided teaching yang diawali dengan pertanyaan berimplikasi terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain non randomized control group pretest post test design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP N 5 Padangsidimpuan yang berjumlah 244 orang, sampel yang digunakan terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrolnya adalah kelas VIII-9 dan kelas eksperimennya adalah kelas VIII-10. Instrumen pengumpulan data adalah test berbentuk essay yang terdiri dari 4 soal pretest serta 4 soal postest. Analisis data menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 22 yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dengan menggunakan paired samples test dan diperoleh signifikansi (2 tailed) sebesar 0,000. Oleh karena 0.000 0,05 maka ditolak dan diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif guided teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah materi pokok lingkaran pada kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pembelajaran kooperatif guided teaching; kemampuan pemecahan masalah matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 28 Apr 2020 14:37
Last Modified: 28 Apr 2020 14:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1066

Actions (login required)

View Item View Item