Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pndekatan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematika siswa pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 3 Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara

Nasution, Masjuria (2018) Pengaruh pndekatan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematika siswa pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 3 Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan koneksi matematika siswa yang masih kurang di kelas VII SMP Negeri 3 Halongonan. Rumusan masalahnya adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematika siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 3 Halongonan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desain eksperimen randomized control group desigh with pretest and postest. Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 3 Halongonan dan untuk sampelnya yaitu kelas VII 1 dan VII 2 dengan menggunakan penelitian populasi yang terdiri dari 20 siswa kelas VII 1 dan 20 siswa kelas VII 2. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpulan data adalah test yang diberikan dua kali, yaitu sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, dan uji hipotesis dengan uji-t melalui Software SPSS Versi 23.. Berdasarkan hasil uji hipotesis rata-rata hasil postest kelas kontrol adalah 62,30 dan rata-rata hasil postest kelas eksperimen adalah 78,50 yang menunjukkan ada perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dimana rata-rata hasil postest kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata hasil postest kelas kontrol. Uji hipotesis dengan menggunakan paired samples test diperoleh signifikansi (2- tailed) sebesar 0,023. Oleh karena 0.023 0,05,atau melihat nilai Thitung > Ttabel yaitu 2,480 > 2,043, maka ditolak dan diterima, sehingga ada pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematika siswa pada pokok bahasan Aritmatika Sosial di kelas VII SMP Negeri 3 Halongonan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pendekatan pembelajaran kontekstual; kemampuan; koneksi matematika; aritmatika sosial
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 28 Apr 2020 14:30
Last Modified: 28 Apr 2020 14:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1065

Actions (login required)

View Item View Item