Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran Balai Latihan Kerja dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Padangsidimpuan

Lubis, Aninda Vega (2024) Peran Balai Latihan Kerja dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200129.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kualitas dan keterampilan Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih rendah yang mengakibatkan banyaknya angkatan kerja di kota padangsidimpuan yang masih belum bekerja, yang mana hal tersebut dapat dilihat dari data BPS Kota Padangsidimpuan mengenai Tingkat Pengangguran di Kota Padangsidimpuan. Maka diperlukan peran UPTD. Balai Latihan Kerja Kota Padangsidimpuan sebagai salah satu upaya dalam menekan angka pengangguran di Kota Padangsidimpuan melalui pelatihan kerjanya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran UPTD. Balai Latihan Kerja dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kota Padangsidimpuan dalam upaya menekan angka pengangguran di Kota Padangsidimpuan. Pembahasan dalam penelitian ini yaitu dengan teori kualitas sumber daya manusia, pendekatan yang dilakukan berdasarkan teori-teori yang berkaitan dengan pelatihan kerja dan pengembangan sumber daya manusia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan empat tahapan, yaitu data collection, data reduction, data display, conclution. Dan dalam pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan teknik Triangulasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran UPTD. BLK Kota Padangsidimpuan hanya 45% yang terserap oleh peserta balai latihan kerja oleh karena itu belum maksimal dalam menekan angka pengangguran di kota padangsidimpuan, dikarenakan masih belum secara keseluruhan dalam melakukan penempatan atau penyaluran peserta yang telah melakukan pelatihan kerja. Namun UPTD. Balai Latihan kerja Kota Padangsidimpuan sudah mampu dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusianya dengan pelatihan kerjanya yang mana hal ini dibuktikan dengan dimana para peserta pelatihan mengalami peningkatakan pengetahuan dan keterampilan. Kemudian kendala UPTD. BLK Kota Padangsidimpuan ada empat yaitu: yang pertama, peserta pelatihan bersifat heterogen. Yang kedua, sarana dan prasaran (Peralatan) pelatihan yang belum memadai. Yang ketiga, motivasi peserta. Yang keempat, masih kurangnya penempatan atau penyaluran kerja. Adapun tindakan UPTD. BLK Kota Padangsidimpuan, yaitu yang pertama, memperbaiki kualitas instruktur. Yang kedua, yaitu melakukan prosedur pengajuan sarana dan prasarana untuk memenuhi kebutuhan peralatan yang belum memadai. Yang ketiga, melakukan pendekatan personal. Yang keempat, yaitu meningkatkan kerjasama dengan pihak lain agar dapat menyerap peserta pelatihan secara keseluruhan. UPTD. Balai Latihan Kerja hendaknya terus melakukan pembaharuan kompetensi sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dengan diimbangi peralatan pelatihan yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Rukiah, S.E., M.Si dan Muhammad Wandisyah R. Hutagalung, M.E
Keywords: Pelatihan; Pengembangan; Kualitas SDM; Pengangguran
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Jul 2024 07:25
Last Modified: 22 Jul 2024 07:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10647

Actions (login required)

View Item View Item